PILKEL
Minimalisir Terjadinya Gesekan, TNI-Polri Siap Amankan Pilkel Abiansemal 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Jelang Pemilihan Perbekel (Pilkel) Desa Abiansemal diprediksi akan ada potensi timbulnya gesekan, dalam pemilihan tersebut TNI dan Polri bersiap mengamankan. Terutama pada titik dianggap rawan, seperti tempat pemungutan suara atau TPS yang sangat penting untuk diawasi aparat saat pencoblosan.

Dalam kesempatannya, Ketua Panitia Pilkel Desa Abiansemal, I Nyoman Suryawan mengatakan, dalam Pilkel Desa Abiansemal ini diikuti 8 (delapan) Banjar Dinas. Terdapat 15 (lima belas) TPS yang tersebar di masing-masing banjar, kecuali Banjar Latusari lantaran jumlah penduduknya dikatakan kurang dari 200 orang sehingga digabung ke Banjar Aseman.

Baca Juga :  Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional, TPID Kabupaten Badung Gelar Operasi Pasar Murah

“Kalau sepintas ada tiga (tiga) titik dianggap bisa terjadi gesekan, yakni di Banjar Pande, Banjar Gunung dan Banjar Purwokerto. Dan hal itu sudah kami sampaikan kepada Babinkantibmas untuk dilakukan pengawasan. Total pemilih kali ini berjumlah 5.995 untuk menggunakan hak suara,” ungkap Nyoman Suryawan  pada Rabu (11/5/2022)

Dirinya menjelaskan, tidak saja meminta memperioritaskan pengamanan terhadap tiga banjar itu, namun pihaknya juga meminta, di setiap TPS agar dijaga anggota aparat, baik dari TNI maupun Polri.

“Harapannya agar Pilkel Abiansemal berjalan kondusif dan aman,” singkatnya.

Di kesempatan lain, Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto,S.H.,M.H menyampaikan, belum berani menyimpulkan, bahwa sejauh ini belum ada tanda-tanda mengkhawatirkan, masih sebatas wajar dan aman.

Baca Juga :  Peringatan HUT Ke-74  Satpol PP dan Ke-62 Satlinmas Provinsi Bali di Puspem Badung

“Sebetulnya belum bisa disampaikan rawan atau tidak, nanti penilaiannya dari Polri. Ini kan operasinya belum, kalau tidak salah Jumat baru mulai,” pungkas Kompol Ruli Agus Susanto.

Lebih lanjut, Danramil Abiansemal I Ketut Darmawan mengatakan, mengantisipasi jika terjadi kisruh pihaknya mengaku telah berkordinasi dengan Polsek Abiansemal dengan melakukan patroli dan maping wilayah sebagai persiapan mengamankan Pilkel.

“Kalau kita selama ini persiapannya bersinergi dengan Kapolsek Abiansemal dan Camat untuk pengamanan Pilkel itu sendiri,” kata Ketut Darmawan. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News