Menyambut IKN, Fakultas Peternakan Unud Memberikan Kuliah Tamu di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KALTIM – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang ditetapkan untuk berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur disambut antusias oleh seluruh lapisan masyarakat maupun instansi yang berada di wilayah tersebut.

Dalam upaya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing dan unggul untuk pengembangan lintas sektor salah satunya pertanian, Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggaran kuliah umum dengan tema ‘Pengembangan Industri Peternakan di Kawasan IKN’.

Dekan Faperta UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Rusdiyansyah, M.Si., memaparkan bahwa Perkembangan ilmu pengetahuan bergerak cepat di seluruh sektor termasuk sub sektor peternakan, sehingga kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan dunia digital melalui pengembangan inovasi dan kreativitas sangat diperlukan.

Dekan Faperta UNMUL menyadari bahwa potensi baik SDM maupun sumber daya genetic yang ada di Kalimantan Timur sangat luar biasa dan belum dimanfaatkan secara optimal, sehingga dibutuhkan kerja sama dengan seluruh stakeholders dalam upaya mewujudkan hal ini.

Baca Juga :  57 Pemimpin Redaksi Deklarasi Indonesia Chief Editors Club

“Melalui pembangunan sektor peternakan untuk menyambut IKN, para peserta kuliah umum yang dalam hal ini adalah mahasiswa sebagai calon lulusan yang berkompetensi serta penuh akan inovasi dan kreativitas diharapkan dapat menyimak kegiatan ini dengan baik sebagai bekal untuk mempersiapkan masa depan membangun IKN ke arah yang lebih baik,” paparnya.

Kegiatan yang dilaksanakan hari Rabu, (25/5/2022) ini bertempat di Gedung Bundar Faperta UNMUL dengan mendatangkan narasumber-narasumber yang berkompeten di bidangnya, antara lain: Prof. Dr. Ir. James Hellyward, M.S., IPU., ASEAN Eng., Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Andalas dengan materi yang disampaikan tentang ‘Pengembangan Kewirausahaan Industri Peternakan di Kawasan IKN’.

Baca Juga :  Jadi Penguji Eksternal UKK, Astra Motor Bali Dukung Kelulusan SMK Negeri 2 Negara

Fakultas Peternakan Universitas Udayana juga turut menjadi narasumber dalam kuliah tamu ini, dengan mendatangkan Dr. Ir. Budi Rahayu Tanama Putri, S.Pt., M.M., IPU., ASEAN Eng., Wakil Dekan II Fakultas Peternakan Universitas Udayana dengan membawakan materi ‘E-Commerce dan Digital dalam Pemasaran Produk Peternakan’ dan Dr. I Nyoman Sumerta Miwada, S.Pt., M.P., yang memaparkan materi terkait dengan ‘Upaya Peningkatan Mutu Produk Olahan Hasil Ternak Berdaya Saing’. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News