PKK Berbagi
Kuatkan Sinergi dengan Provinsi, TP PKK Tabanan Dukung Pasar Rakyat Kabupaten Klungkung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Senantiasa membangun serta menguatkan sinergi untuk mendukung program-program unggulan PKK dalam melanjutkan aksi sosial kegiatan ‘Pasar Rakyat’, Ketua TP PKK Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., datang langsung ke Kabupaten Klungkung untuk berbagi bersama dengan masyarakat Klungkung, Jumat (13/5/2022).

Kegiatan acara bertema ‘Menyapa dan Berbagi’ ini digelar mulai pagi, di Alun-alun Ida I Dewa Agung Jambe Kabupaten Klungkung dan dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster beserta para Ketua TP PKK se-Kabupaten / Kota di Bali. Nampak hadir juga Bupati Klungkung, dan Kadis PMD dari masing-masing kabupaten/kota.

Pasar Rakyat yang rutin dilakukan setiap bulan ini berlangsung secara roadshow di masing-masing kabupaten di Bali. Kabupaten Klungkung menghadirkan hasil bumi pertanian serta kerajinan asli IKM dan UMKM masyarakat yang bisa dibeli secara langsung oleh para pengunjung. Para undangan kemudian dipersilahkan untuk berbelanja dan hasilnya nanti akan kembali diberikan kepada masyarakat Klungkung. Ini merupakan wujud aksi sosial program kerja TP PKK yang digalangkan selama beberapa bulan terakhir.

Sebanyak 100 orang penerima manfaat yang berasal dari 4 kecamatan di kabupaten Klungkung, dipersiapkan untuk menerima bantuan dari TP PKK. Di mana masing-masing kecamatan berjumlah 25 orang penerima bantuan, termasuk di Nusa Penida. Kriteria penerima bantuan adalah masyarakat yang kurang mampu dan tentunya yang terdampak Covid-19.

Ketua TP PKK Provinsi, Ny Putri Koster dalam arahannya, menekankan beragam manfaat yang bisa dihasilkan dari pelaksanaan Pasar Rakyat ini. Acara yang digagas bersama ini, selain memberikan kesempatan bagi para anggota TP PKK antar Kabupaten/Kota se-Bali untuk bertemu secara rutin selama sebulan sekali, namun juga bisa memberikan bantuan dan perhatian langsung bagi masyarakat serta dikemas dalam suasana yang ceria dan bahagia.

“Kita pilih acara sesuai dengan kondisi pandemi seperti sekarang, yaitu menyapa masyarakat dan berbagi kepada masyarakat. Dengan berbelanja dan berbagi, serta didasari oleh ketulusan hati, kami hadir untuk menyapa semeton Kabupaten Klungkung,” ujar Ny. Putri.

Baca Juga :  Surya Adnyani Mahayastra Tinjau Uji Kompetensi Barista

Di pertemuan tersebut, pihaknya juga sekaligus menekankan tugas pokok dari Ibu PKK yang utamanya ialah mengayomi, membimbing dan menjembatani agar permasalahan-permasalahan kecil yang ada di keluarga bisa dicarikan solusinya. Termasuk masalah-masalah seperti menjaga kesehatan lansia, disabilitas dan ibu hamil KEK serta berjuang untuk mengatasi penurunan angka stunting.

“Kalau satu persatu masalah kita selesaikan, niscaya Visi PKK untuk mewujudkan keluarga yang sehat, cerdas dan berdaya guna, dengan dilandasi ahlak yang mulia, akan segera terwujud” ungkapnya. Tak lupa juga ia galakkan semangat bersama TP PKK dalam bersinergi dengan pemerintah, membangun Bali menjadi lebih baik lagi, agar sesuai dengan Visi, Nangun Sat Kerti Loka Bali, Menuju Bali Era Baru.

Baca Juga :  TP PKK Kota Denpasar Gelar Pembinaan dan Sosialisasi Kelembagaan Posyandu 

Komitmen PKK untuk terus berdedikasi dalam memajukan dan menyejahterakan masyarakat, juga disampaikan oleh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Tabanan. Baginya, geliat Pasar Rakyat ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi masyarakat di Kabupaten/Kota di Bali. “Program Pasar Rakyat di Klungkung ini patut diberikan apresiasi. Banyaknya IKM dan UMKM yang hadir juga bukti masyarakat Klungkung yang bangkit dan bersama-sama memajukan Sektor perekonomian, terlebih di masa Pandemi ini,” pungkas Ny. Rai.

Pihaknya juga berpesan untuk senantiasa menjalankan program PKK dengan hati yang tulus dan cinta yang besar. “Dengan hati yang tulus pasti akan memberikan perubahan yang besar, apalagi jika dilakukan secara bergotong-royong, seperti Pasar Rakyat ini, kita membeli hasil produksi masyarakat untuk dibagikan kembali ke masyrakat, jadi sama-sama membantu,” tutupnya.

Baca Juga :  TP PKK Klungkung Mantapkan Pelatihan Saus Tomat dan Saus Cabai

Terkait dengan kedatangan TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota Sebali, Ketua TP PKK Klungkung, Ny. Ayu Suwirta sampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan dan juga partisipasi dari para undangan untuk membantu dengan berbelanja dan berbagi kepada masyarakat Klungkung.

“Saya berterima kasih kepada Bunda Putri Koster dan Bunda-Bunda TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali karena sudah membantu masyarakat Klungkung yang memerlukan, baik itu gizi buruk, lansia, ibu Hamil KEK dan Stunting,” ujarnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini