FKH Unud
FKH Unud Mengadakan Puncak Perayaan World Veterinary Day 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Puncak acara World Veterinary Day (WVD) 2022 resmi berlangsung pada Sabtu (30/04/2022) lalu, acara ini mengusung tema besar, yaitu Upthrust: building resilience in veterinary medicine for better animal health care.

Acara disambut meriah dengan kedatangan Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, juri perlombaan, dosen-dosen, dan seluruh mahasiswa-mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

Kegiatan ini diawali dengan opening ceremony yang dibuka oleh Bapak Prof. Dr. Drh. I Nyoman Suartha, M.Si selaku Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memperkenalkan profesi kita kepada khalayak ramai karena seperti yang kita tahu bahwa profesi kita banyak belum dikenal orang padahal kita itu sama mulianya dengan kedokteran manusia hanya berbeda fokus saja. Kita fokus pada kesehatan dan kesejahteraan hewan,” ujar  Prof. Dr. Drh. I Nyoman Suartha, M.Si saat memberikan sambutan.

Acara pun dilanjutkan dengan fashion show singkat dari para dewan juri sebagai bentuk pengenalan juri, Adapun juri yang hadir adalah drh. Putu Henrywaesa Sudipa, M.Si, drh. Putu Devi Jayanti, S.KH., M.Sc, dan drh. Anak Agung Gde Oka Dharmayudha, MP. Kemudian, acara dilanjutkan dengan perlombaan Pet Eating yang diikuti oleh lima orang peserta dari berbagai angkatan. Gemuruh tepuk tangan terdengar ketika anjing yang bernama Cenil berhasil menjadi peserta pertama yang menghabiskan makanannya saat sesi cepat-cepatan makan.

“Saya sangat bangga karena kalian semua sudah bisa mempraktekkan apa yang didapatkan saat kuliah. Kalian sudah tahu makanan yang tepat untuk diberikan pada hewan peliharaan kalian,” ujar drh. Putu Henrywaesa Sudipa, M.Si selaku dewan juri saat sesi tanggapan juri.

Baca Juga :  Siap Hadapi Tantangan Energi Masa Depan, Pertamina Beri Edukasi dan Peluang bagi Mahasiswa di PGTC 2024

Tahap dua dari perlombaan Pet Comic pun turut dihadirkan pada puncak acara WVD 2022, keempat peserta tampil dengan begitu apiknya. Bahkan pada sesi tanggapan juri, salah seorang juri tak segan-segan untuk menunjukkan siapa jawara favoritnya.

“Saya paling suka dengan penampilan Chrissyl Fiorell, saya suka bagaimana ia menyampaikan cerita yang ia bawakan,” ungkap drh. Anak Agung Gde Oka Dharmayudha, MP. selaku juri perlombaan WVD 2022.

Perlombaan Pet Modelling yang sangat ditunggu oleh para peserta pun menjadi penutup perlombaan lainnya. Pet Modelling ini diikuti oleh tiga peserta kategori hewan kucing dan empat peserta kategori hewan anjing. Suara riuh tepuk tangan dan sorakan penonton kerap terdengar tiap peserta lomba berlenggak lenggok di panggung. Pada lomba ini, terlihat ada yang menggunakan baju batik, syal, baju scrub dengan stetoskop, kacamata, dan lainnya. Para peserta berlomba-lomba untuk menampilkan penampilan terbaik mereka.

Baca Juga :  Bunda Literasi Denpasar Buka Program SSEC dan Workshop Permainan Tradisional

Sembari menunggu pemenang dari setiap perlombaan yang ada, acara dilanjutkan dengan awarding dosen dan mahasiswa. Prof. Dr. Drh. I Nengah Kerta Besung, M.Si dan Prof. Dr. Drh. Iwan Harjono Utama, MS keluar menjadi pemenang dalam kategori dosen dengan oase terlengkap dan dosen tepat waktu FKH Unud berdasarkan survei yang sudah dilakukan panitia pada angkatan 2018-2021. Prof. Dr. Drh. Iwan Harjono Utama, MS pun turut hadir dalam kegiatan awarding dan mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah mengadakan kegiatan awarding WVD 2022 ini. Kemudian, Prof. Dr. Drh. I Nengah Kerta Besung, M.Si yang tidak dapat hadir tetap menyempatkan waktunya untuk membuat video ucapan selamat dan terima kasih atas terpilihnya sebagai dosen dengan oase terlengkap.

“ Oase bapak ini sudah pernah menang juara 1 di tingkat Unud dan bapak juga yang kerap kali mengadakan pelatihan oase untuk para dosen di FKH Unud,” ungkap Prof. Dr. Drh. I Nengah Kerta Besung, M.Si.

Hingga akhirnya sampailah pada pengumuman pemenang untuk setiap kategori perlombaan yang dimulai dengan pengumuman pemenang perlombaan Pet Eating yang dijuarai oleh Chrissyl Fiorel sebagai juara 1, I Gusti Ayu Putu Alicia Novianti sebagai juara 2, dan Made Sandy Widhi Raharja sebagai juara 3, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang perlombaan Pet Comic yang dijuarai oleh Kadek Ayu Wiadnyani sebagai juara 1, Chrissyl Fiorel sebagai juara 2, dan Dionnysius sebagai juara 3. Tak lupa, perlombaan Pet Reels yang dinilai berdasarkan likers terbanyak pun turut diumumkan pada hari itu dengan pemenang yaitu Maria Nindi Dewi Sugiarto. Sebagai penutup pengumuman pemenang perlombaan, Juan Eriona keluar sebagai juara 1 lomba Pet Modelling, Yennifer sebagai juara 2, dan Diva Adiwinata sebagai juara 3.

Baca Juga :  Rayakan HUT Ke-6, SMP Negeri 5 Abiansemal Tanam Ratusan Pohon dan Bhakti Sosial

Puncak acara WVD 2022 ini diakhiri dengan closing ceremony berupa penyerahan plakat kepada Dekan FKH Unud yang diwakili oleh Prof. Dr. Drh. Iwan Harjono Utama, MS dan para dewan juri perlombaan WVD 2022.

“Kegiatan ini sudah sangat seru dan dikemas dengan menarik. Semoga tahun depan sudah ada kategori tersendiri untuk kucing dan anjing jika tetap menggunakan pet animals,” ungkap Juan Eriona salah satu peserta ketika diwawancarai terkait kesan dan pesan acara. (bpn/unud.ac.id)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News