Dana Pengabenan Kolektif
Bupati Tamba Serahkan Dana Pengabenan Kolektif. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Untuk meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan upacara agama (Pitra Yadnya), pemerintah kabupaten Jembrana telah mengalokasikan dana pengabenan secara kolektif (atma wedana) di masing-masing kecamatan.

Sebelumnya, pemerintah kabupaten Jembrana telah menyerahkan dana bantuan di Kecamatan Melaya yang digelar di Desa Adat Sumbersari. Kali ini giliran kecamatan Negara yang menggelar atma wedana secara gratis. Adapun bantuan senilai Rp275 juta tersebut diserahkan langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba di desa Adat Dharma Laksana, Kaliakah kecamatan Negara, Senin (16/5/2022).

Baca Juga :  Jaga Eksistensi, Bupati Tamba Bantu Pemilik Dokar di Jembrana

Nengah Sudama selaku panitia mengatakan pelaksanaan ngaben dan metatah kolektif (atma wedana) di desa adat Dharma Laksana, Kaliakah diikuti total 246 peserta.

“Dari 246 peserta tersebut diantaranya, upacara nyekah 96 peserta, mungkah 5 peserta, ngelungah 105 peserta dan metatah 40 peserta,” kata Sudama.

Sementara Bupati I Nengah Tamba mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada desa adat dalam meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan upacara agama (Pitra Yadnya).

“Kita selaku pemerintah kabupaten Jembrana telah mengalokasikan dana pengabenan secara kolektif (atma wedana) di masing-masing kecamatan. Semoga bantuan ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya,” ujar Bupati asal Kaliakah tersebut.

Baca Juga :  Enam Ranperda Disetujui Jadi Perda, Bupati Tamba : Bukti Sinergitas Eksekutif dan Legislatif

Dengan berlangsungnya upacara pitra yadnya ditempat tersebut, Bupati juga selalu mewanti-wanti agar masyarakat selalu menjaga kebersihan di areal tersebut.

“Ini penting untuk selalu dilaksanakan. Tidak berlaku disini saja, tetapi ditempat lainnya juga. Tadi saya lihat disini sudah bagus, bersih, jadi pertahankan terus kedepannya,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News