QRIS
BI Bali Digitalisasi Pembayaran Berbasis QRIS di Kabupaten Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali, Trisno Nugroho, serta seluruh jajaran Forkompinda Bangli dan pihak perbankan meluncurkan e-parkir di Alun-alun Bangli, Minggu (15/5/2022).

Peluncuran ini merupakan hadiah di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-818 Kabupaten Bangli dan sebagai wujud komitmen Pemerintah Daerah Bangli untuk menjadikan Bangli semakin maju dan sejahtera menuju Bangli Era Baru.

Uji coba e-Parkir yang dilakukan oleh Pemkab Bangli sejak Januari 2022 di ruas Jalan Lettu Kanten yang menuju Alun-alun Bangli.

“Uji coba tersebut ternyata sangat efektif untuk menghindari kebocoran retribusi parkir,” ujarnya.

Baca Juga :  Apresiasi BI, Wagub Cok Ace Tinjau Vaksinasi Booster Bagi Pekerja Perbankan

Untuk itu, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta meyakini bahwa digitalisasi akan mampu meningkatkan pendapatan daerah yang pada akhimya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain e-Parkir, seluruh kawasan Alun-alun Bangli juga telah diimplementasikan pembayaran digital berbasis QRIS, seperti Food Court dan pedagang UMKM di wilayah alun-alun. Implementasi QRIS di Alun-Alun Bangli menjadi awal untuk digitalisasi pembayaran berbasis QRIS diseluruh wilayah Bangli.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, menyampaikan bahwa penggunaan transaksi pembayaran secara digital merupakan sebuah keharusan, dan harus dimanfaatkan oleh semua pelaku UMKM untuk mendorong peningkatan aktivitas transaksi ekonomi.

Trisno Nugroho juga menekankan bahwa jumlah merchant di Bangli masih tercatat sebanyak 6-ribuan sehingga masih harus terus ditingkatkan.

Baca Juga :  Pemkab Bangli dan Klungkung Sepakat Bangun Kerja Sama Terkait Pengembangan Potensi Daerah

“Oleh karena itu diharapkan BPD Bali dan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) lainnya terus bersama sama menfasilitasi pengembangan layanan bagi pemda dan pelaku ekonomi di wilayah Bangli untuk memanfaatkan sarana pembayaran digital berbasis QRIS,” ujarnya.

Mengawali kegiatan peluncuran e-Parkir tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyelenggarakan edukasi Digitalisasi Transaksi Pembayaran berbasis Quick Response Indonesian Standard (QRIS) kepada pelaku UMKM binaan Pemda Bangli di Desa Wisata Panglipuran.

Harapannya agar Desa Panglipuran yang sudah dikenal oleh wisatawan dunia dapat memanfaatkan sarana pembayaran digital mulai dari pemesanan tiket hingga pembelian produk UMKM.

Baca Juga :  Ajak Masyarakat Jaga Alam, GenBI Undiksha Gelar Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai

Bank Indonesia Provinsi Bali berharap HUT ke-818 Kabupaten Bangli menjadi momentum untuk percepatan dan perluasan digitalisasi di seluruh wilayah di Kabupaten Bangli demi terwujudnya Bangli Era Baru.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini