Fakultas Hukum
Workshop Penulisan dan Publikasi Jurnal Fakultas Hukum Universitas Udayana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Hukum (FH) Unud menyelenggarakan kembali Workshop Penulisan dan Publikasi Jurnal pada Senin (18/4/2022) yang dibagi menjadi 2 (dua) sesi: Sesi pertama, mengevaluasi pengelolaan dan penyusunan redaksi jurnal di lingkungan FH Unud. Sesi kedua dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh narasumber pertama, Prof. Dr. Ir. Irwansyah, S.H, M.H. Beliau merupakan Guru Besar FH Universitas Hasanuddin-Makasar dan Assesor Akreditasi Jurnal Nasional Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Narasumber kedua, I Gusti Ngurah Parikesit Widiatedja, S.H., M.Hum., LLM., PhD merupakan Ketua Tim Pengelola Jurnal Fakultas Hukum. Kedua narasumber menyampaikan strategi penulisan dan publikasi artikel di jurnal bereputasi.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Sosialisasi SPM Kota Denpasar

Prof. Irwansyah menyampaikan langkah awal penulisan artikel jurnal mengikuti author guidelines dan template dari jurnal yang akan dituju. Selain itu, sebuah artikel harus mengandung kebaruan (novelty) yang dimulai dari judul, abstrak, latar belakang, pembahasan dan kesimpulan. Kebaruan inilah yang menjadi originalitas sebuah artikel ilmiah, yang membedakannya dengan artikel ilmiah lainnya. Parikesit menambahkan untuk tetap berhati-hati dalam memilih jurnal yang akan dituju karena banyak jurnal berbayar yang merupakan jurnal predator. Dan yang perlu menjadi perhatian adalah mengenai scope dari jurnal yang akan dituju.

“Jurnal internasional bereputasi terindeks scopus Q1 cenderung mempunyai scope yang sangat spesifik, seperti tentang kepolisian, kejahatan feminis, penjara, manajemen transportasi udara dan lainnya,” tutupnya. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News