Jembrana Satu Data Dari Desa
Wamendes Apresiasi Tatakelola Jembrana Satu Data Dari Desa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi menilai jika tata kelola Jembrana untuk mewudukan satu data dari desa dapat dijadikan percontohan oleh daerah lainnya di Indonesia.

Wamendes mengapresiasi ide program Jembrana satu data dari desa.Ia berharap langkah ini bisa dijadikan contoh bagi kabupaten lain sehingga tidak lagi ada tumpang tindih data.

Hal tersebut diungkapkan oleh Budi Arie Setiadi saat menerima Bupati Jembrana, I Nengah Tamba terkait Koordinasi Program Jembrana Satu Data Dari Desa bertemlat di Kantor Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

“Kabupaten Jembrana adalah kabupaten pertama yang mencanangkan Sistem Satu Data. Saya harap inovasi ini bisa dicontoh guna mewujudkan data yang berkualitas, terukur sekaligus membantu akselerasi pembangunan berbasis desa,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Tamba Kagumi Jam Kayu Karya Anak Muda Jembrana

Secara prinsip, program ini disebutnya juga sejalan dengan apa yang menjadi fokus  Presiden Joko Widodo melalui peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia agar data menjadi terpadu untuk kepentingan negara.

Terlebih kata Wamendes, untuk pengambilan kebijakan tepat mesti terukur, sehingga data itu kuncinya.

“Pijakan yang tepat membantu akselerasi pembangunan desa dalam penyusunan kegiatan, mengetahui permasalahan termasuk potensi masing masing desa. Bisa mengetahui plus minusnya hasil bumi di setiap desa. Desa yang surplus bisa membantu yang kurang jadi tidak perlu mencari barang jauh jauh bahkan impor,” tegasnya.

Sedangkan Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengucapkan terimakasih atas dukungan serta sambutan hangat dari Wamen desa. Tamba berharap program Jembrana satu data ini bisa menjadi inspirasi untuk kabupaten seluruh Indonesia.

“Hari ini kami juga serahkan proposal kepada kementerian desa. Program satu data ini penting diwujudkan karena pembangunan harus berbasis data. Sehingga, berbagai kebijakan yang di ambil baik oleh kementrian maupun  lembaga pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota dapat tepat sasaran,” ujarnya.

Secara teknis, Bupati Tamba memaparkan melalui program Jembrana satu data akan sinergi dengan Kemendes serta BPS. Data yang didapatkan di big data akan terkoneksi   dengan data yang didapat di komendes termasuk BPS.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Mudik, Bupati Tamba Dampingi Kapolda Bali Tinjau Pelabuhan Gilimanuk

“Kita sudah lakukan Mou dengan BPS sehingga program ini sudah menjadi isu nasional. Jadi saya hadir langsung ke Kemendes untuk memastikan serta dukungan infrastruktur pendukung termasuk tenaga survey lapangan,” paparnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News