Gunung Batur
Usai Rapat Perencanaan Pengembangan UNESCO Global Geopark, Bupati Bangli Terima Kunjungan Menteri PPN/Bappenas di Kintamani. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta melaksanakan rapat kordinasi perencanaan pengembangan UNESCO Global Geopark (UGGP) Batur bersama Direktur Sumber Daya Energi Mineral dan Pertambangan Kementrian PPN/ Bappenas bertempat di ruang rapat krisna Setda Kabupaten Bangli, Jumat (8/4/2022).

Dalam kegiatan tersebut hadir Direktur Sumber Daya Mineral dan Pertambangan Bappenas RI, Yahya Rachman Hidayat, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Giologi Mineral dan Batubara Kementrian ESDM RI, Bambang Utoro, Kelompok Ahli Pembangunan Pemprov Bali, Dr. I Wayan Karmawan, Kepala Balai Cagar Budaya Bali-Nusa Tenggara, Komang Aniek Purniti, Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli, Kepala Pusat Survey Giologi Kementrian ESDM RI, Hendra Gunawan, BKSDA Afus Budi, Serta pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli.

Baca Juga :  Dihadapan Delegasi Diplomatik ASEAN, Gubernur Koster Sampaikan Pembangunan Harmonis Alam Bali

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Bangli yang dipimpin langsung oleh Bupati Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan beberapa hal terkait penataan kawasan pariwisata di Kabupaten Bangli khususnya di Kecamatan Kintamani, ada beberapa perencanaan pembangunan yang disampaikan oleh Pemda Bangli di kawasan Kintamani.

“Seperti penataan Anjungan Penelokan, penataan Goa Jepang di Penelokan, pembangunan president tower di penelokan serta pembangunan Pasar Singamandawa sebagai penunjang destinasi pariwisata yang ada di Kintamani,” jelas Sedana Arta.

Pihaknya berharap dalam perencanaan pembangunan tersebut agar selalu mendapat dukungan penuh baik dari pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

Sementara itu Direktur Sumber Daya Mineral dan Pertambangan Bappenas RI, Yahya Rachman Hidayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan rapat pada hari ini adalah menindaklanjuti usulan Gubernur Bali tentang pengembangan Global Geopark Batur serta persiapan revalidasi UNESCO. Dan dalam waktu dekat di Unesco Global Geopark Batur akan dilaksanakan UNESCO Global Geopark Youth Forum yang akan mendatangkan anak-anak muda dari berbagai negara untuk melaksanakan seminar yang membahas tentang Geopark, serta melaksanakan summer camp di wilayah Kintamani.

Baca Juga :  Bupati Bangli Hadiri Seminar Nasional di Museum Geopark

“Tentu kegiatan ini akan mampu mendukung pemulihan ekonomi Bali serta Ekonomi Bali berkelanjutan sesuai dengan program Ekonomi Kerthi Bali menuju Bali Era Baru,” ujar Yahya Rachman Hidayat.

Pihaknya juga menambahkan bahwa pemerintah pusat melalui Kementrian PPN/Bappenas akan mendukung sepenuhnya pengembangan Global Geopark Batur yang nantinya diharapkan mampu membangkitkan ekonomi Bali khususnya di Kabupaten Bangli.

Usai melaksanakan rapat kordinasi dengan Direktur Sumber Daya Energi Mineral dan Pertambangan Kementrian PPN/Bappenas, Bupati Bangli langsung melaju ke Kintamani untuk menerima kunjungan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, Suharso Monoarfa beserta jajaran yang didampingi oleh Gubernur Bali, Wayan Koster mengunjungi Museum Gunung Api Batur.

Baca Juga :  Dampingi Gubernur Bali, Bupati Bangli Hadir dalam Musda III BKS-LPD Provinsi Bali Tahun 2022

Dalam kesempatan tersebut Menteri PPN/Bapenas juga mengunjungi area lake view penelokan sembari menikmati pemandangan Gunung Batur dari penelokan Kintamani.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini