Restoran Kampus
Unud Kini Miliki Restoran Kampus, Mahasiswa Dipersilakan Bekerja “Part Time”. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Universitas Udayana (Unud) memberi perhatian serius terhadap layanan makan dan minum bagi civitas akademika, dan secara bertahap melakukan upgrade kantin-kantin kampus yang konvensional menjadi sekelas restoran dengan atmosfer akademik yang tetap terjaga.

Setelah lama tertunda karena pandemi, akhirnya dilaksanakan Grand Opening ‘Nusantara Udayana Restaurant 1’ yang berlokasi di basement Lab Terpadu Rektorat Kampus Jimbaran, Jumat (1/4/2022).

Grand opening ditandai pemotongan pita oleh Rektor Unud dan disaksikan oleh Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro dan Pimpinan Unit Kerja dilingkungan Unud serta Dharma Wanita Persatuan.

Restoran ini bukan hanya tempat menikmati makan dan minum bagi civitas akademika dan tamu-tamu kampus, tetapi juga merupakan ruang edukasi. Beberapa ciri khas operasional Udayana Restaurant adalah menyajikan menu Nusantara atau tradisional, mengedepankan makanan dan minuman yang diproses dan disajikan secara higienis, tidak menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga :  Grup Astra Bali Gelar Buka Puasa Bersama Awak Media, Jalin Silaturahmi Menjelang Lebaran

Selain itu juga menggunakan peralatan yang ramah lingkungan, pembeli diedukasi mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab dengan membuang sendiri sampah setelah selesai makan/minum, dan pembeli diedukasi untuk menggunakan teknologi digital untuk pembayaran (menggunakan QRIS/cash less/non tunai). Selain itu Udayana Restaurant juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin bekerja part time atau magang sebagai bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam kesempatan tersebut mengapresiasi pengelola yang telah membuat restoran luar biasa di areal Kampus Unud.

“Pihaknya berkomitmen untuk menunjang hal ini melalui kebijakan yang berorientasi pada efisiensi anggaran dan mengurangi sampah,” ucap Prof Antara.

Pengelola diharapkan dapat menyesuaikan dari segi biaya dan pertanggungjawaban serta memperhatikan kepuasan pelanggan dari segi higienis dan kualitas serta harga yang terjangkau bagi mahasiswa. Rektor juga berencana akan membuat restoran serupa pada Dekanat yang ada, dan juga lecture building serta RS Unud dan RSGM.

Baca Juga :  Badung Kembali Gelar GEMARIKAN untuk Cegah Stunting

Perpustakaan yang ada di dekat restoran juga akan dilengkapi fasilitasnya sehingga meningkatkan jumlah pengunjung dan nantinya ketika mau makan bisa di restoran ini. Rektor meminta pengelola untuk memperhatikan menu dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk part time job. Restaurant ini juga telah berbasis cash less dan Rektor mengapresiasi hal tersebut.

Pihaknya berharap restoran serupa akan segera ada lagi di Unud dan ketika lecture building dan asrama jadi maka harus di-support dengan penyuplai makanan sehingga akan dicari mitra untuk mengcover hal tersebut. Disamping itu Rektor juga akan mengeluarkan kebijakan untuk perbaikan kampus menjadi lebih baik kedepannya.

Restoran dengan kapasitas total 90 seats ini juga menyediakan VIP Room berkapasitas 26 seats. VIP Room dilengkapi pengatur suhu ruangan dan LED TV, sehingga nyaman juga dijadikan meeting room. Areal out door restaurant juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembubaran panitia atau perayaan ultah dan sejenisnya yang membutuhkan hiburan seperti akustik atau karaoke. Fasilitas lain seperti toilet tersedia terpisah antara pria dan wanita.

Baca Juga :  Satpol PP dan Satlinmas Berperan Penting Menciptakan Keamanan dan Ketentraman Masyarakat

Walaupun layanan dirancang restaurant, namun harga makanan dan minuman dipastikan terjangkau bagi mahasiswa, pegawai dan dosen.

Pengelola Restoran, I Nyoman Suka Kargana menyampaikan apresiasi kepada pimpinan Unud yang telah memberikan kepercayaan untuk mengelola fasilitas penyediaan makanan dan minuman di lingkungan kampus. Pihaknya bertekad untuk menyediakan jasa makanan dan minuman yang baik dengan pelayanan yang memadai.

Dalam operasional restoran ini pihaknya mengedepankan jaminan kebersihan dan sanitasi tempat, kebersihan dan hygiene makanan dan minuman, serta jaminan pelayanan yang cepat dan mudah. Melalui pengalaman yang dimiliki pihaknya berupaya mewujudkan produk yang berkualitas dan layanan yang memberikan kepuasan bagi pelanggan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News