Kendaraan Operasional
Universitas Udayana Terima Kendaraan Operasional dari Tiga Mitra Bank. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Universitas Udayana (Unud) menerima bantuan kendaraan operasional dan CSR dari tiga bank yaitu Bank BNI, BPD Bali dan BTN. Penyerahan kendaraan berlangsung di Central Park (Ruang Terbuka Hijau) Kampus Sudirman Denpasar, Kamis (28/4/2022). 

Dalam pelaksanaan serah terima ini Rektor Universitas Udayana menerima CRS dari Bank BNI berupa satu unit mobil ambulance, CSR berupa empat motor ambulance dari Bank BPD, 5 unit mobil bantuan operasional dari Bank BPD, dan 20 unit mobil operasional Toyota Avanza. 

Pelaksanaan penyerahan kendaraan ini dihadiri Rektor Unud, Para Wakil Rektor, Ketua Senat, Ketua SPI, Ketua Lembaga, Para Dekan, Kepala Biro dan beberapa pimpinan unit kerja, sementara dari pihak mitra dihadiri oleh Pemimpin BNI Kantor Wilayah VIII (Bali, NTB dan NTT) beserta jajaran, pihak BPD dihadiri oleh Direktur Utama BPD Bali dan jajaran, serta pihak BTN yang hadir yakni Branch Manager BTN Denpasar dan jajaran. 

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unud, Prof. IGB Wiksuana dalam laporannya menyampaikan Unud merupakan PTN yang menerapkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum, sebagaimana diketahui perguruan tinggi bisa pada grade PTN Satker saja, kemudian Unud adalah PTN BLU dimana sebagian dananya bersumber pada rupiah murni sehingga kita harus mengupayakan penerimaan diluar rupiah murni berupa PNBP, dimana saja sumbernya yakni UKT dan pemberdayaan aset yang dimiliki. Kita juga punya unit bisnis dan laboratorium yang bisa menjadi sumber penerimaan disamping juga bunga bank. Melalui investasi dapat meningkatkan pemasukan Unud. Diharapkan Unud kedepan meningkat sumber penerimaannya. Kita sudah 10 tahun berbentuk BLU dan Rektor mengharapkan kenaikan status menjadi PTN BH sehingga harus memiliki penerimaan semakin besar diluar UKT. Unud juga menginginkan layanan terbaik kepada mahasiswa salah satunya melalui pembayaran UKT sehingga kini jumlah layanan bank diperbanyak. Pihaknya berharap penerimaan dari bunga bank semakin tinggi. Saat ini CSR hanya diberikan oleh BNI yakni Mobil Camry dan Mobil Ambulance serta BPD memberikan 4 unit kendaraan sepeda motor. Kemudian kerjasama pengembangan pembiayaan operasional dengan BTN berupa 15 unit mobil. Kerjasama yang baik ini memberikan kendaraan dengan jumlah yang cukup besar bagi Unud.

“Kedepan kami berharap pengelolaan dana bisa memberikan manfaat sesuai dengan yang diharapkan,” imbuhnya.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya menyampaikan kendaraan ini akan dsierahkan ke Unit terkait untuk menunjang operasionalnya. Rektor mengaparesiasi mitra yang telah menyerahkan kendaraan ini, dimana bantuan kendaraan ini besar sekali artinya bagi Unud. Lebih lanjut Rektor menyampaikan dana kelolaan Unud sangat besar, dan diharapkan ada penambahan kedepannya untuk mewujudkan cita-cita Unud memiliki ekosistem pendidikan kampus yang maju dan terintegrasi, sehingga anggaran yang digunakan harus tepat sasaran. Bantuan ini besar sekali manfaatnya untuk menunjang mobilitas yang tinggi. Untuk menunjang sentralisasi juga memerlukan anggaran yang besar, perkuliahan vokasi dan S1 akan dipusatkan di Kampus Bukit dan di Denpasar untuk Pascasarjana sehingga mitra dapat menggunakan gedung yang tidak terpakai melalui kerjasama sewa. Beberapa waktu yang lalu juga diserahkan mobil oleh BPD dan Camry dari BNI. Saat ini juga diserahkan 1 unit ambulance oleh BNI dan juga 5 unit mobil oleh BPD juga 4 unit motor. Rektor mengapresiai bantuan yang telah diberikan oleh tiga mitra dimaksud dana kendaraan ini diharapkan menstandarkan sarana prasaran penunjang di unit-unit dan kedepan akan ada lagi bantuan kendaraan.

Baca Juga :  Dorong Lahirkan Beragam Produk Kreatif, FTP Unud dan BITHUB Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama

“Kami juga siap membantu mitra agar sama-sama nyaman dalam kerjasama yang dijalin,” pungkas Prof Antara.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah 08, I Gusti Nyoman Dharma Putra dalam kesempatan tersebut menyampaikan program yang dimiliki bagi nasabah BNI sesuai visinya memberikan layanan prima salah satunya bagi yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri dimana BNI memiliki beberapa cabang di luar negeri. Sementara CSR ambulance ini sebagai wujud kepedulian untuk membantu kelancaran di RS Unud dan diharapkan bermanfaat.

Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman Sudharma, SH., MH., menyampaikan pihaknya sebagai mitra strategis juga akan membantu memperkuat hubungan kerjasama dan peningkatan aksesbilitas termasuk operasional dosen, pegawai dan mahasiswa dimana akan dikembangkan bisnis kampus secara digital kedepannya. Pihaknya juga memberikan apresiasi atas kerjasama dalam layanan pembayaran UKT bagi mahasiswa. Kerjasama yang dijalin diharapkan dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga :  Bantu Warga Kurang Mampu, Bupati Tamba Kembali Serahkan Bantuan CSR Bedah Rumah

Branch Manager BTN Denpasar Satrijo Katri Wilargo menyampaikan BTN Bersama Unud saling bekerjasama dan pihaknya mengapresiasi sudah diberi kepercayaan untuk menjalin kerjasama. Mudah-mudahan penyerahan kendaraan ini bermanfaat, harapannya kedepan dapat ditingkatkan kerjasama antara Unud dan BTN.

Kegiatan ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan secara simbolis. Kemudian kendaraan-kendaraan tersebut langsung diserahkan kepada unit yang akan menggunakan. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini