Petani Muda
Petani Muda Keren P4S Mimba Farm Lepas Mahasiswa FTP Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mahasiswa Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) melaksanakan program magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang bersinergi dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Mimba Farm Petani Muda Keren.

Magang MBKM merupakan terobosan dari program yang dirancang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Program Magang MBKM terdapat beberapa pilihan yaitu magang yang diselenggarakan oleh Dikti dan magang yang diselenggarakan oleh Universitas. Magang MBKM FTP Universitas Udayana berlangsung selama 1 semester dimana diakui setara dengan 20 SKS.

Baca Juga :  Lestarikan Sastra dan Aksara Bali, Kelurahan Sanur Gencarkan Program SERABI

Kegiatan Diskusi dan Evaluasi dalam Rangka Berakhirnya kegiatan Magang MBKM Mahasiswa serta pelepasan mahasiswa magang MBKM FTP Unud di P4S PMK Mimba Farm telah dilaksanakan pada Minggu, (17/4/2022).

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc.,Ph.D., beserta Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Ir. I Made Supartha Utama, M.S.,Ph.D. dan jajaran dosen Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem turut hadir. Ketua Forum Petani Muda Keren (PMK) A.A. Gede Agung Wedhatama dan Ketua P4S Mimba Farm I Wayan Mudita turut hadir selaku tuan rumah.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Lokasabha V PHDI Kota Denpasar, Gelorakan Sepirit Vasudhaiva Kutumbakam Berikan Pelayanan Bagi Umat Hindu

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di P4S PMK Mimba Farm adalah melakukan budidaya dengan sistem hidroponik  sampai dengan pasca panen dan pemasaran produk. Mahasiswa yang melakukan program Magang juga secara tidak langsng diajarkan untuk melatih diri sendiri dalam memunculkan ide-ide kreatif serta memiliki tanggung jawab sebagai bekal dalam menjelajahi dunia kerja.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc.,Ph.D menjelaskan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan dan mendorong mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan kemampuan yang luas sehingga siap untuk terjun dalam dunia kerja. Selain itu, program ini juga bermanfaat bagi mahasiswa karena mendapatkan kesempatan serta pengalaman belajar di luar program studi dan mahasiswa dapat memilih sektor industri sesuai dengan minat dan bakatnya.

Baca Juga :  Ciptakan Tertib Administrasi, Kelurahan Dauh Puri Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen

“Magang MBKM ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dimana mahasiswa dipacu untuk memiliki pemikiran yang kreatif, inovatif dan kritis dalam berkarya khususnya dalam pengaplikasian teknologi pertanian pada sektor pertanian,”ujar Made Anom. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News