LPPM
Peran Perempuan dalam Pembangunan, LPPM Unud Gelar Seminar Perempuan dan Agribisnis. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Inkubator Bisnis LPPM Universitas Udayana mengadakan kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kartini. Seminar yang mengambil tema tentang ‘Perempuan dan Agribisnis’ ini berlangsung pada hari Kamis, (21/4/2022) bertempat di Aula Ruang Sidang Pascasarjana Universitas Udayana.

Acara dibuka oleh Ketua Inkubator Bisnis LPPM Universitas Udayana, Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed. Melalui sambutannya beliau mengutarakan bahwa peran perempuan terhadap pembangunan ekonomi pertanian cukup besar. Kontribusi perempuan mampu memproduksi 60 % sampai 80 % pangan di sebagian besar negara-negara berkembang dan bertanggung jawab pada sebagian produksi pangan dunia dengan kontribusi pada setiap subsistem pertanian. Pentingnya kontribusi perempuan memberikan implikasi bahwa kedepan tantangan untuk membangun ekonomi khususnya pembangunan ekonomi sektor pertanian (agribisnis) dipandang perlu untuk melibatkan perempuan terutama dalam perumusan kebijakan.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gencarkan Pelaksanaan Fogging, Sekda Alit Wiradana Tinjau Fogging di Desa Sidakarya

“Oleh karena itulah inkubator bisnis hari ini menyelenggarakan seminar dengan tema perempuan dan agribisnis dengan menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman dibidang pertanian dan peternakan,” tandasnya.

Acara ini diikuti oleh 53 peserta yang merupakan tenant binaan inkubator bisnis LPPM Universitas Udayana dan juga mahasiswa di lingkungan Universitas Udayana.

Kegiatan ini mengundang 4 narasumber yang tentunya memiliki kompetensi di bidang pertanian dan peternakan. Sesi pemaparan materi dipandu oleh moderator Dr. Anak Agung Sri Mahyuni, S.E., M.Agb., selaku Manajer Inkubator Bisnis LPPM Universitas Udayana.

Narasumber pertama yaitu Lestyawati Palgunadi selaku Penyuluh Pertanian Utama di Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. Pada kesempatan ini beliau memberikan materi tentang Melakukan Usaha di Bidang Pertanian. Narasumber kedua yaitu Ni Luh Suriani yang merupakan Dosen FMIPA Universitas Udayana. Materi yang dibawakan yaitu ‘Beras Organik dan Produk Olahannya.’ Narasumber ketiga yaitu Tetsuya Aisyah yang merupakan CEO Panak.id (platform digital berbasis website untuk meningkatkan produktivitas peternak lokal Indonesia yang menghubungkan peternak, pasar, dan pemilik modal). Narasumber ketiga memberikan sharing session tentang ‘Success Story Panak.id’ kepada para peserta. Narasumber terakhir yaitu Ni Wayan Sri Sutari yang merupakan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana yang memberikan materi tentang ‘Bisnis Pangan Sehat, Dari Hobby Jadi Peluang Menjanjikan’.

Baca Juga :  Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, Wawali Arya Wibawa Pastikan Warga Ikut Jaminan Kesehatan Nasional

Setelah sesi pemaparan materi, acara ditutup dengan dibagikannya doorprize kepada peserta yang aktif pada kegiatan seminar ini. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News