SMAN 1 Abiansema
Pelaksanaan Penerjunan di SMAN 1 Abiansemal. Sumber foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM  – Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar telah berhasil melaksanakan kegiatan Penerjunan yang merupakan bagian dari Program PLP I di Sekolah Mitra yaitu SMAN 1 Abiansemal pada Selasa (8/2/2022).

PLP I atau Pengenalan Lingkungan Persekolahan I (Satu) merupakan tahapan pertama dalam Pengenalan Lingkungan Persekolahan Program Sarjana Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yang dilaksanakan oleh mahasiswa-mahasiswi semester keempat.

Tujuan dilaksanakan PLP ini cukup kompleks dimana diharapkan dapat membangun landasan jati diri pendidik melalui program yang telah dicanangkam dengan melaksanakan beberapa kegiatan di sekolah mitra sebagai berikut: mengamati kultur sekolah, mengamati dan mendokumentasikan tiap-tiap sudut ruangan serta insfrastruktur yang ada di sekolah, mengamati visi, misi, tujuan serta tata tertib yang berlaku di sekolah, sekaligus juga mengamati bagaimana pola kegiatan positif yang diterapkan di sekolah tersebut.

Kegiatan PLP I ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2022. Jadwal kegiatan menggunakan sistem Non-blok, dimana syaratnya kegiatan PLP I harus terlaksana dan terpenuhi selama 16 kali pertemuan dalam rentang waktu yang diberi oleh sekolah.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Reuni Temu Kangen Alumnus Angkatan 1991 

25% dari total pertemuan (4 kali) dilakukan di kampus untuk memberikan orientasi dan pembekalan mahasiswa, sedangkan 75% dari total pertemuan (setidaknya 12 kali) dilaksanakan di sekolah untuk melakukan observasi.

Sebagai bentuk penilaian, setiap mahasiswa diharapkan membuat hasil akhir berupa Laporan PLP I terkait dengan  rincian pelaksnaan observasi dan analisis lingkunan persekolahan yang dilakukan selama 12 kali pertemuan di sekolah mitra.

Adapun untuk memenuhi penilaian kegiatan luaran yang dilaksanakan oleh Biro Pengembangan dan Kerjasama FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar, tim mahasiswa diharapkan membuat sebuah poster dan sebuah artikel tentang salah satu kegiatan keseluruhan atau spesifik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, non-fisik, budaya, kurikuler, ekstrakurikuler, dan hal lainnya di sekolah.

Poster serta penulisan artikel tidak lepas dalam pantauan dosen yang telah ditunjuk untuk mendampingi pembuatan kegiatan luaran yang dimana dalam kelompok mahasiswa yang melaksanakan PLP I di SMAN 1 Abiansemal didampingi oleh Bapak I Made Surya Hermawan, S.Pd., M.Pd.

Baca Juga :  PLP Miliki Peran Startegis di Perguruan Tinggi

SMAN 1 Abiansemal yang beralamat di Jl. Majapahit, Blahkiuh, Kec.Abiansemal, Kab. Badung, Prov. Bali, dipilih sebagai lokasi kegiata PLP I dengan alasan karena sekolah tersebut merupakan suatu lembaga pendidikan negeri yang cukup baik, terakreditasi A, dan lokasinya yang berada di wilayah yang mudah diakses oleh para peserta PLP yang tinggal di sekitarnya. Mahasiswa yang mendapatkan tugas untuk melaksanakan PLP I di SMAN 1 Abiansemal terdiri dari Ni Kadek Dwi Sukma Trisnawati, Ida Ayu Wanda Karunia Putri, Luh Putu Natasya Dewi Nugraha, Rai Bagus Heri Wiguna, Rai Dewi Riana Sari, I Gede Agus Gede Krisna Aditya, Ni Luh Gede Sukma Pratiwi, dan Komang Ayu Arisani.

Selain itu, yang menarik adalah kondisi dan situasi sekolah juga mendukung mahasiswa untuk melaksanakan PLP di sekolah walaupun masih dalam status pandemi.

Selama melaksanakan kegiatan PLP di SMAN 1 Abiansemal, sebelum memasuki lobby, mahasiswa harus mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan dan tetap menggunakan masker selama berada di lingkungan sekolah. Setelah itu, mahasiswa dapat melapor kepada Guru Pamong setempat bahwa akan melaksanakan observasi serta akan mengamati lingkungan sekolah dan mencari data yang berkaitan dengan sekolah untuk melengkapi isian proposal. Selain itu, sekolah juga menyarankan mahasiswa agar tidak bergerombol saat berada di sekolah demi menghindari terjadinya kerumunan.

Baca Juga :  Ketua MPR RI, Bamsoet Sosialisasikan Empat Pilar di Unmas Denpasar
Mencuci Tangan Sebelum Memasuki Lobby. Sumber Foto : Istimewa

Selama melaksanakan observasi, sejauh ini, mahasiswa sangat diterima baik dan antusias oleh guru-guru dan seluruh staff pihak sekolah SMAN 1 Abiansemal.

Penulis : Bapak I Made Surya Hermawan, S.Pd., M.Pd., Ni Kadek Dwi Sukma Trisnawati, Ida Ayu Wanda Karunia Putri, Luh Putu Natasya Dewi Nugraha, Rai Bagus Heri Wiguna, Rai Dewi Riana Sari, I Gede Agus Gede Krisna Aditya, Ni Luh Gede Sukma Pratiwi, dan Komang Ayu Arisani.
(Mahasiswa Unmas Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini