Bank Sampah
Efektifkan Pengelolaan Sampah, Kelurahan Panjer Sinergikan Bank Sampah dan TPS3R. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mengefektifkan pengelolaan dan pengolahan sampah melalui pengelolaan Bank Sampah dan TPS3R dilaksanakan Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan. Pada Minggu (3/4/2022) pelaksanaan kegiatan di Bank Sampah Dharma Laksana diefektifkan kembali oleh Lurah Panjer, I Putu Budi Ari Wibawa.

“Dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Gubernur Bali No. 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber dan Peraturan Wali Kota Denpasar No. 45 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Reduce, Reuse dan Recycle Melalui Bank Sampah, Kelurahan Panjer mengaktifkan kembali Bank Sampah Dharma Laksana yang sempat vakum selama 3 tahun akibat adanya pembangunan di area Banjar Kaja dan Pandemi Covid-19,” ujar Budi Ari Wibawa saat ditemui disela-sela kegiatan Bank Sampah Dharma Laksana.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Serahkan 1.625 Bantuan Paket Sembako TJSL BRI Denpasar Kepada Masyarakat

Lebih lanjut didampaikan bahwa Bank Sampah Dharma Laksana yang sudah terbentuk sejak Tahun 2016 ini akan bersinergi dengan TPS3R Paku Sari dimana barang-barang yang dijual oleh masyarakat ke bank sampah nantinya akan dijual kembali ke TPS3R dan dipilah kembali sesuai jenis sampah setelah itu lanjut dijual ke pengepul. Kegiatan ini juga merupakan salah satu solusi yang bisa diberikan terkait pemilahan sampah setelah bulan lalu kami mensosialisasikan ke banjar-banjar di wilayah Kelurahan Panjer.

“Bank sampah juga merupakan salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat untuk memilah sampah karena dari hasil pemilahan yang dijual tersebut akan ada nilai ekonomis yang diperoleh oleh nasabah bank sampah,” ujarnya.

Baca Juga :  Gandeng Jurnalis dan Blogger, Astra Motor Bali Kupas Teknologi Honda EM1:e

Disampaikan pula bahwa dengan terpilahnya sampah di masyarakat tentunya akan berdampak terhadap produktifnya tenaga pemilah di TPS3R Paku Sari karena sampah yang masuk sudah tidak bercampur. Sehingga mereka mampu melakukan pengolahan sampah organik dan anorganik dengan lebih cepat, efektif dan efisien.

“Harapan kami kedepannya tentu saja Bank Sampah Dharma Laksana bersama dengan TPS3R Paku Sari Panjer dapat beroperasional secara konsisten sehingga mampu membantu pemerintah dalam upaya mengatasi permasalahan sampah di tingkat desa/kelurahan,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News