Pura Besakih
Jembrana Tutup Pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pemkab Jembrana menutup rangkaian penganyar kabupaten dalam pelaksanaan serangkaian karya pujawali Ida Bhatara turun kabeh di Pura Penataran Agung Besakih, Kamis (7/4/2022).

Rombongan yang dipimpin langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan Wakil Bupati IGN Patriana Krisna, menyertakan para pimpinan OPD termasuk para camat se-Kabupaten Jembrana diterima Jro Bendesa Desa Pekraman Besakih yang notabene Ketua Umum Karya Pujawali Ida Bhatara turun kabeh, Jro Mangku Widiarta. Sebelum melakukan persembahyangan dipura penataran agung, rombongan penganyar pemkab Jembrana juga menggelar persembahyangan  di padharman masing-masing.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Jembrana, Bupati Tamba Tanggapi Catatan Dewan

Rangkaian bhakti penganyar diawali dengan persembahyangan kramaning sembah dituntun oleh Ida Rsi Agung Sogta Supranhu Karang Saking Griya Buduk Kabupaten Badung dengan tingkatan upakara Bebangkit pregembal caru manca sanak. Usai persembahyangan Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan punia untuk upakara yang diterima oleh panitia karya Jro Mangku Widiarta.

Dalam kesempatannya, Bendesa Pekraman Besakih Jro Mangku Widiarta mengatakan bhakti penganyar ini merupakan kewajiban rutin oleh kabupaten/kota di Bali termasuk Kabupaten Jembrana.

“Penganyar saat ini bertepatan dengan pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh. Umat di seluruh kabupaten bahkan di luar Bali sejak prosesi karya, menghaturkan sembah bhakti kehadapan Ida Hyang Bhatara di Prahyangan Besakih, itu menunjukkan bahwa umat senantiasa menginginkan dan berdoa agar Ida Bhatara senantiasa memberikan tuntunan kepada umatnya sehingga alam beserta isinya dapat memberikan kehidupan dan penghidupan,” ujarnya.

Sementara Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan bhakti pengayar yang dilakukan itu merupakan kewajiban rutin pemerintah Kabupaten Jembrana.

Baca Juga :  Sedana Arta Pimpin Rombongan Penganyar Pemkab Bangli ke Pura Ulun Danu Batur

“Ini merupakan bentuk sujud bhakti masyarakat dan pemerintah Kabupaten Jembrana pada khususnya. Kita harapkan melalui Karya Pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh dan Bhakti Penganyar ini masyarakat diberikan keteduhan dan kedamaian serta Ida Bhatara selalu memberikan perlindungannya kepada kami dalammengabdi dan membangun kabupaten Jembrana,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News