Uang
Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Bersama 9 Perbankan di Lapangan Renon. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Sukawati didampingi oleh Trisno Nugroho Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi membuka layanan penukaran uang di Parkir Timur Puputan Renon pada Senin (25/4/2022).

Layanan penukaran ini diselenggarakan oleh Bank Indonesia bersama 9 bank, yaitu BPD Bali, Bank Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, Bank Muamalat, Bank Syariah Indonesia, Maybank dan Bank Jabar Banten

Layanan penukaran uang ini sebagai respon adanya peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat menjelang libur bersama dan menjelang hari raya Idul Fitri 1443H, yang diperkirakan sampai dengan akhir bulan April 2022 mencapai sebesar Rp2,4 triliun. Sedangkan rata-rata perbulan pada Triwulan I 2022 tercatat sebesar Rp508 miliar atau meningkat sebesar 472%.

Peningkatan permintaan uang di masyarakat tersebut didorong adanya 3 stimulus, yaitu pencapaian vaksinasi booster di seluruh propinsi Bali yang telah mencapai lebih dari 50%, kebijakan pemerintah bagi pelaku perjalanan dalam dan luar negeri tanpa rapid test/PCR dan karantina serta peningkatan jumlah penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai.

Langkah-langkah Bank Indonesia Provinsi untuk mengantisipasi peningkatan jumlah kebutuhan uang tunai tersebut, yaitu :

  1. Menjaga jumlah persediaan uang tunai dalam jumah dan jenis pecahan yang mencukupi, yaitu sebesar Rp4,5 triliun atau 280% lebih besar dari kebutuhan.
  2. Memperluas lokasi penukaran uang di luar kantor Bank Indonesia Provinsi Bali, yaitu di 294 titik di jaringan kantor Perbankan di seluruh wilayah Bali.
  3. Mendekatkan lokasi penukaran uang melalui kegiatan layanan kas keliling baik secara mandiri oleh Bank Indonesia maupun bersama dengan perbankan.
Baca Juga :  Sinergitas Dalam Menjaga Stabilitas dan Memperkuat Pemulihan Ekonomi di Provinsi Bali

Layanan kas keliling bersama dengan perbankan ini akan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 25 s.d. 28 April 2022, dan diharapkan mampu melayani 600 penukar setiap harinya atau 2.400 penukar sampai dengan akhir penyelenggaraan di tanggal 28 April 2022. Selain itu, dalam layanan telah menerapkan protokol kesehatan, yaitu pemesanan penukaran dilakukan secara digital melalui aplikasi PINTAR dengan mengakses http://pintar.bi.go.id. sehingga layanan penukaran menjadi semakin lebih mudah, cepat dan aman.

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik yang akan masuk maupun keluar Bali dengan menggunakan jalur darat, Bank Indonesia juga akan memberikan Layanan Kas Keliling di rest area Men Tempeh di dekat pelabuhan Gilimanuk mulai besok Selasa tanggal 26 s.d. 28 April 2022.

Baca Juga :  Cok Ace Berharap Bali Jadi Pelopor Transaksi Non tunai

“Saya berikan apresiasi kepada Bank Indonesia dan Perbankan yang menyelenggarakan penukaran bersama dan berharap layanan ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1433H, serta ikut mendukung kelancaran aktivitas perekonomian di tengah pemulihan ekonomi Provinsi Bali,” ucap Cok Ace.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini