RRI
Gandeng RRI Denpasar, FIB Persiapkan Program Magang Penyiaran dan Kejurnalistikan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dekan Fakultas Ilmu Budaya melakukan audensi ke Radio Republik Indonesia Denpasar pada Senin (25/4/2022).

Audensi ini bertujuan untuk menjalin komunikasi serta merancang program kerja sama di bidang MBKM. Pada audense tersebut, Dekan FIB diterima oleh Koordinator Bidang Penyiaran RRI Denpasar, Istikomah, S.Pt. Turut hadir dalam pertemuan tersebut I Gede Gita Purnama selaku Ketua UPIKS FIB, dan A.A. Ary Trisnawati salah satu penyiar RRI Denpasar.

Pertemuan tersebut membahas lebih jauh rencana kerja sama antara RRI Denpasar dengan FIB, khususnya dalam bidang pengembangan program MBKM. Selama ini secara tidak langsung FIB dan RRI Denpasar telah menjalin kerja sama dengan sama-sama saling terlibat dalam kegiatan masing-masing.

Beberapa dosen dari FIB kerap mengisi program-program siaran di RRI Denpasar, demikian juga dengan penyiar RRI Denpasar yang kerap diundang sebagai narasumber maupun mengisi kuliah tamu di FIB.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Lokasabha V PHDI Kota Denpasar, Gelorakan Sepirit Vasudhaiva Kutumbakam Berikan Pelayanan Bagi Umat Hindu

“Kami di FIB dan RRI merupakan mitra yang telah bekerja sama sejak lama, namun kini dengan adanya program MBKM, kami lebih intensif lagi menjalin kerja sama dengan program-program yang lebih mengarah pada implementasi MBKM. Hal ini tentu saja untuk mendukung program kementerian serta memberikan peluang lebih luas bagi mahasiswa kami dalam memilih program MBKM ke depannya,” ungkap Dr. Sri Satyawati.

Secara kelembagaan, RRI secara umum memeng diharapkan menjadi mitra untuk mendukung berjalannya program MBKM yang digulirkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karena itulah kehadiran FIB merupakan gayung bersambut bagi RRI Denpasar.

Baca Juga :  Pertamina Goes To Campus, Langkah Kolaborasi Pertamina Hadapi Trilema Energi

“Kami secara kelembagaan memang diharapkan mendukung program Merdeka Belajar dari Mas Mentri, kami bersyukur bahwa FIB Unud memiliki inisiatif untuk memulai kerja sama intensif untuk merealisasikan program ini. Tentu kami dengan sangat terbuka menerima tawaran kerja sama dari FIB,” ungkap Istikomah.

Realisasi program yang diharapkan kedua belah pihak antara lain adalah program magang dan program pengabdian kepada masyarakat. Melalui program magang, mahasiswa FIB yang memilih RRI sebagai tujuan magang tidak hanya dapat magang di RRI Denpasar, namun juga dapat magang di RRI Singaraja dan RRI Mataram. Hal ini mengingat RRI Denpasar menaungi hingga wilayah Bali-Nusa Tenggara.

Baca Juga :  BAN-PDM Provinsi Bali Gelar Rapat Koordinasi Daerah Tahap I Tahun 2024

Sementara program pengabdian masyarakat kedua belah pihak dapat saling melibatkan diri dalam kegiatan pengabdian masing-masing. Dosen-dosen di FIB dapat membagikan keilmuannya dalam program-program siaran di RRI sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyrakat. Demikian juga sebaliknya, ketika FIB melakukan pengabdian, RRI Denpasar juga dapat terlibat menyampaikan materi dalam pengabdian tersebut.(unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News