Peradaban Bali
APHB Gelar Rakerda, Bersinergi Membangun Peradaban Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk memajukan kreativitas, inovasi dan pengabdian generasi muda Hindu ke depan, Aliansi Pemuda Hindu Bali menggelar Rakerda I periode 2021-2024 yang bertempat di gedung Shanti Graha Denpasar. Aliansi Pemuda Hindu Bali (APHB) mengkukuhkan Visi ‘APHB Harmonisasikan Karya Untuk Pulau Dewata’ yang akan menyasar generasi muda baik pada tataran sekolah, kampus, desa adat dan kabupaten/kota di Bali.

Eka Sura Adnyana selaku ketua panitia menyatakan kegiatan Rakerda I ini menyongsong konsep rapat kerja berbasis ekologi lingkungan, dengan mengaktualisasikan konsep dari Tri Hita Karana. “Diawali dengan Prakerda yang dilaksanakan di alam Agro Learning Center, menyatu dengan alam sehingga memunculkan ide-ide progam yang relevan bagi umat Hindu Bali,” ucap Eka.

Eka menambahkan, ‘Harmonisasikan Karya Untuk Pulau Dewata’ menjadi visi bagi seluruh pengurus APHB-se-Bali yang dijabarkan ke dalam beberapa progam unggulan dari puluhan program kerja yang siap direalisasikan selama satu periode kepengurusan APHB 2021-2024 diantaranya, APHB Sevanam, Diklat Nitipraya, Baskara Budaya, Diklat Jurnalistik Hindu, Dharmayatra, Dialog atau simakrama yowana Hindu. Ketua PP APHB Wikan Pradnya Dana mengatakan progam ini bertujuan untuk membangkitkan sewaka dharma generasi muda Hindu demi menguatkan jati dirinya sebagai umat Hindu ‘proud to be Hindu’.

“Bentuknya nanti bisa berupa sosialisasi, dharmatula, dan kegiatan-kegiatan lain yang kita sinergikan dengan masyarakat di desa, pemerintah, maupun swasta. Yang utamanya termasuk sekaa teruna yang menjadi garda terdepan menjaga seni, adat, budaya dan Hindu di Bali,Sebagaimana petikan kakawin Niti Sastra bait 10 wirama sardulawikridita. Terjemahannya seperti ini. Singalah yang menjaga hutan itu, hutan jugalah yang menjaga singa itu selalu, bila singa dan hutan tidak rukun, sama–sama bertengkar maka akan mendekat pada kehancuran. Artinya apa kami Aliansi Pemuda Hindu Bali siap bersinergi dengan pemerintah dan siapapun untuk sama-sama berkolaborasi membangun peradaban bali dari kota Denpasar untuk Pulau Dewata,” katanya dalam Rapat Kerja Daerah I Aliansi Pemuda Hindu Bali di Gedung Shanti Graha, Denpasar, Sbatu (23/4/2022).

Di sisi lain, Rakerda I Aliansi Pemuda Hindu Bali dirangkaikan dengan seminar kepemudaan. Dengan mendatangkan tokoh DPR RI Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M., dan tokoh Pemuda Denpasar A.A Angga Harta Yana, S.Pd., yang merupakan Manggala Pasikian Yowana MDA Kota Denpasar. Dalam seminar itu nyorot tentang pergerakan pemuda dan arah pemuda Hindu ke depan.

Angga Harta Yana menambahkan, APHB harus bersinergi dengan Pasikian Yowana di Kabupaten/kota bersama-sama berkolaborasi dan bergerak untuk tradisi, seni, adat, dan agama Hindu di Bali. “Pekerjaan akan lebih mudah jika kita berkolaborasi dalam melaksanakan dharmaning agama dan dharmaning negara,” ujar Angga Harta.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Terima Bantuan Oksigen dari BMPD dan BI Perwakilan Bali

Apresiasi setinggi-tingginya diberikan oleh DPR RI Agung Rai Wirajaya kepada seluruh kader APHB se-Bali telah mencanangkan progam-progam yang relepan untuk umat Hindu dan NKRI. Dan moment yang menarik pada Seminar Kepemudaan tersebut Agung Rai Wirajaya menyatakan berkenan menjadi penasehat PP APHB serta kedepan akan membantu pergerakan dan pengabdian APHB di Bali.

Rakerda I yang dihadiri oleh seluruh kader APHB Se-Bali, dilaksanakan juga untuk sharing, konsolidasi dan sinergi program dengan pengurus APHB di tiap-tiap kabupaten/kota dan organ pemuda serta mahasiswa.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Raih Anugerah Meritokrasi dari KASN RI

Diakhir kegiatan, Eka Sura Adnyana selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang men-support kegiatan ini.

“Terima kasih saya ucapkan kepada I Gusti Agung Rai Wirajaya DPR RI komisi IX, Mangku Pastika DPD RI B-66 yang sekaligus MPR RI, Prajaniti Bali, Pasikian Yowana Kota Denpasar, Agro Learning Center, dan Gujji Café,” tutupnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini