Dukcapil Denpasar
Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Dukcapil Kota Denpasar Berikan Pelayanan Keliling Jemput Bola. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk meningkatan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar melaksanakan kegiatan pelayanan keliling jemput bola langsung jadi atau Pelangi untuk semua jenis layanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kantor Lurah Dauh Puri, Sabtu (19/3/2022).

Kegiatan pelayanan keliling jemput bola Pelangi ini dipimpin langsung Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar Dewa, Gde Juli Artabrata.

Ditemui disela sela pelayanan, Kadisdukcapil Dewa Gde Juli Artabrata mengatakan pelayanan ini untuk meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh masyarakat Kota Denpasar.

Menurutnya pelayanan yang diberikan dalam kegiatan ini adalah semua jenis pelayanan kependudukan seperti akta pencatatan sipil perkawinan, kelahiran, penceraian, kematian, pembuatan KTP, KK, maupun surat pindah.

“Dengan adanya layanan jemput bola ini diharapkan masyarakat mau meng update data apabila ada perubahan biodatanya. Jika tidak punya akta lahir, KTP, KIA kami bisa langsung berikan layanani disini,” kata Dewa Gde Juli Artabrata didampingi Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Ni Luh Lely Sriadi.

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan selama   tahun 2022 ini juga ada atas   permintaan Desa/Kelurahan dan data permohonan yang terkumpul di desa banyak.    Sehingga pihaknya langsung bisa memberikan layanan keliling jemput bola.

Baca Juga :  Implementasikan Proker TPAKD Denpasar Tahun 2024, Diskop UMKM Denpasar Gelar Kelas Akselerasi Pendampingan

Meskipun menyediakan pelayanan jemput bola, namun untuk mengindari keramaian pihaknya mengarahkan seluruh masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan daring yang telah disediakan yakni melalui sistem aplikasi Sitaring dukcapil.denpasarkota.go.id.

Menurutnya dalam situasi saat ini pelayanan daring lebih praktis dilakukan sehingga tidak menimbulkan kerumunan dan juga bisa dilakukan dari rumah.

“Bagi yang tidak bisa daring dalam situasi pandemi seperti saat ini kita arahkan   agar semua dokumen dikumpulkan dulu di Desa/Kelurahan, setelah itu kita proses di Kantor sehingga masyarakat tinggal mengambil dokumen di Kantor Dukcapil,” katanya.

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan Banten di Banjar Mertasari, Desa Penatih Dangin Puri

Sebelum melaksanakan pelayanan jemput bola pihaknya melakukan komunikasi dengan desa/lurah. Jika berkas sudah terkumpul langsung dilakukan pelayanan jemput bola.

Ia menambkan layanan jemput bola dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Dalam pelayanan ini   pihaknya juga memberikan pelayanan langsung kerumah masyarakat jika ada warga yang sedang sakit.

Pihaknya juga memberikan pelayanan perekaman untuk pembuatan KTP bagi masyarakat yang sudah berumur 16 tahun. Namun Kartu KTP baru bisa di berikan atau dicetak saat umurnya 17 tahun.

Lurah Dauh Puri, I Gusti Ngurah Arnawa mengucapkan terima kasih dan memberikan apresisi terhadap program dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar dalam mendekatkan palayanan kepada masyarakat.

Menurutnya kegiatan hari ini pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar untuk memberikan pelayanan jemput bola di Kelurahan Dauh Puri. Karena   laporan dari Kepala Lingkungan banyak warganya yang menginginkan.

Baca Juga :  Sambut Hardiknas Tahun 2024, Ayu Kristi Arya Wibawa Buka Workshop Peningkatan Kompetansi Guru PAUD

Menurutnya berkas yang terkumpul sebanyak 104 berkas dari segala macam jenis pelayanan.  Lebih lanjut ia mengatakan, pelayanan jemput bola merupakan jembatan bagi masyarakat yang SDM nya agak kurang untuk sistem online, Karena ada beberapa masyarajat yang memerlukan pelayanan secara langsung.

“Karena masih ada masyarakat yang belum memiliki perangkat untuk melakukan online, selain itu waktu menyulitkan bagi masyarakat yang bekerja. Jadi inilah solusinya saat Sabtu dan Minggu masyarakat bisa mendapatakan pelayan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar,” katanya.

Salah satu warga Made Hari Yoga Sedana mengucapkan terima kasih atas layanan jemput bola ini, sehingga pihaknya bisa melakukan perekaman pembuatan KTP tanpa harus menunggu lama dan tidak menganggu jadwal kerjanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News