Pemkot Denpasar x KOPITU
Pengembangan Kerja Sama Lintas Sektor, Pemkot Denpasar Teken MoU dengan KOPITU. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kota Denpasar telah mengadakan kerja sama Sister City dengan beberapa kota di Australia. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) dengan Pemerintah Kota Denpasar, dimana KOPITU berperan sebagai pihak ketiga yang mengawal dan melakukan upaya penerapan hasil kerja sama yang disepakati.

Salah satu rencana yang sudah diupayakan adalah Penetrasi Pasar melalui platform digital di Darwin yang akan dilabeli dengan nama KOPITU House. Pasar digital berupa E-Store ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan kerja sama ke sektor yang lebih luas. Selain dengan adanya penetrasi, rencana ini juga diikuti dengan business match dengan pihak swasta yang akan ditangani oleh KOPITU. Selain itu beberapa sektor yang akan dijadikan subjek pengembangan diantaranya perdagangan, pariwisata, ketenagakerjaan dan iptek.

Baca Juga :  Mudik Asik dengan Kendaraan Listrik Gak Usah Kawatir, Tersedia 76 SPKLU Tersebar di 30 Lokasi

Hal ini disampaikan Ketua Umum KOPITU, Yoyok Pitoyo saat bertemu dengan Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana pada Kamis (10/3/2022) di Denpasar. Hadir pula Kadis DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa, Kadis Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta serta Kabag Kerja Sama, Ni Luh Putu Riyastiti.

Dalam kesempatan ini juga ditandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) oleh Ketua Umum KOPITU, Yoyok Pitoyo dan Ida Bagus Alit Wiradana selaku Sekretaris Daerah mewakili Wali Kota Denpasar.

Baca Juga :  Pertamina Jamin Pasokan Avtur Aman di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Siap Hadapi Liburan Sekolah

Dengan adanya penandatanganan MoU ini, maka KOPITU dan Pemerintah Kota Denpasar secara resmi dinyatakan sepaham dan memiliki tujuan yang sama tentang program Sister City yang akan dilaksanakan pada masa mendatang.

Di samping kota Darwin, kerja sama dengan kota lain di Australia seperti Canberra, Perth dan beberapa kota lain juga direncanakan akan turut dibentuk. Hal ini mengingat dengan adanya kerja sama yang komprehensif dengan berbagai kota berkembang akan dapat secara signifikan membantu perkembangan daerah menjadi lebih modern, berkesejahteraan dan maju dalam pembangunan.

Baca Juga :  Dari Penjajakan Rencana Sister City Kota Denpasar dan Kota Zadar, Sejumlah Peluang Dipaparkan

Untuk membentuk mitra yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana menyampaikan kerja sama Sister City dengan Kota Darwin, Australia dilakukan pada 3 bidang, yaitu Promosi Pariwisata dan Budaya, Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia.

“Kesepakatan bersama ini tentu menjadi bukti komitmen kuat kami untuk melakukan kerja sama yang baik antara Kota Denpasar dan kota kota di Australia. Sehingga harapannya Kota Denpasar dapat menerima hal- hal baik dan bermanfaat dari kota kota di Australia,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News