Narottama
Narottama Dorong Mahasiswa Kembangkan Soft Skill dan Leadership. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dr. Nararya Narottama, SE., M.Par., M.Rech didaulat sebagai pembicara dalam Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) 2022 yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2021 serta beberapa mahasiswa dari angkatan 2020, pada tanggal 19-20 Maret 2022 di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kabupaten Tabanan.

Acara ini dilaksanakan oleh Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Pariwisata Universitas Udayana. Dalam kesempatan tersebut Narottama mengungkapkan hasil riset yang menunjukan pradoks pendidikan di Perguruan Tinggi Indonesia yang lebih mengutamakan hard skill (80%) daripada soft skill (20%). Padahal keberhasilan di dunia kerja justru lebih ditunjang oleh soft skill (80%) daripada hanya mengandalkan hard skill (20%). Beberapa jenis soft skill yang dimaksud Narottama antara lain keterampilan berkomunikasi, keterampilan berpikir dan menyelesaikan masalah, kerjasama tim, pengelolaan informasi, keterampilan wirausaha, etika moral dan profesionalisme, serta keterampilan kepemimpinan (leadership).

Baca Juga :  SMP Sapta Andika Denpasar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru dengan Semangat Inovasi Digital

“Seringkali keluhan dari para pengguna (user/pemberi kerja, red), mengatakan bahwa lulusan Perguruan Tinggi kualitasnya masih perlu ditingkatkan. Mereka cendrung kurang tangguh, cepat bosan, kurang bisa bekerja, kurang jujur, kurang memiliki integritas, kurang memiliki rasa humor dan seringkali Mun-Ta-Ber alias mundur tanpa berita,”paparnya sambil diiringi gelak tawa para peserta.

Narottama mengajak mahasiswa untuk lebih mengembangkan soft skill yang memang bermanfaat untuk menunjang keberhasilan di dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat, dengan cara meningkatkan inisiatif, memiliki etika/integritas, mampu berpikir kritis, berkemauan belajar, berkomitmen, memiliki motivasi, bersemangat, dapat diandalkan, mampu komunikasi lisan, dan kreatif.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

Para peserta tampak bersemangat mengikuti pemaparan materi yang diakhiri dengan sesi tanya jawab. Selain materi kepemimpinan, LKMM kali ini dikemas dengan berbagai macam kegiatan menarik dalam suasana kekeluargaan, seperti persembahyangan bersama, temu alumni, malam keakraban (makrab), lomba yel-yel hingga beragam permainan menarik yang mengasah kemampuan kerjasama mereka.

Panitia pelaksana LKMM berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat positif bagi peserta terutama dalam perkuliahan maupun dalam kehidupan bermasyarakat. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News