Musrenbang
Bupati Suradnyana Minta RKPD Fokus Pada Perbaikan Sektor Ekonomi Pasca Pandemi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST., mengharapkan Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) bisa menciptakan pemikiran strategis yang dapat memulihkan sektor ekonomi.

Dirinya juga berpesan agar, Pimpinan SKPD mampu menterjemahkan dan mencari solusi dari isu pembangunan di Kabupaten Buleleng.

“Tentu saya Kepala Daerah akan memberikan masukan dengan melihat dari sudut pandang kalau kita lihat dari atas ya kita istilahkan ‘eye of bird’ atau mata burung itu perspektifnya menyeluruh dari atas terhadap kebijakan nanti regulasinya silahkan dari pimpinan SKPD untuk menerjemahkan sesuai regulasi,” ucap Bupati Suradnyana saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2023 di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng, Kamis (31/3/2022).

Selain itu, Bupati Suradnyana juga menginginkan, Pimpinan SKPD juga mampu menerjemahkan kontraksi perekonomian di Buleleng yang terjadi saat ini yang pertumbuhan ekonominya menurun akibat pandemi.

Baca Juga :  Modus Pinjam Korek, Fajar Mencuri Untuk Modal Slot dan Beli Narkoba

“Tentu terjemahan dari Musrenbang pada hari ini yang paling fokus adalah bagaimana memperbaiki sektor-sektor ekonomi sehingga bisa kedepan pertumbuhan ekonomi kita bisa lebih baik, minimal menjadi positif,” tegasnya.

Masih kata Bupati Suradnyana, dalam Musrenbang ini, semua pihak harus mampu merinci sektor-sektor yang dapat dioptimalkan sehingga mampu menaikan kontraksi perekonomian di masyarakat.

“Istilahnya kita fokus kedepan terjemahan dari RPJMD ini menyelesaikan persoalan-persoalan pasca pandemi,” Imbuhnya.

Bupati yang akrab disapa PAS ini, menyampaikan, perbaikan sektor-sektor pasca pandemi harus menjadi sebuah pemikiran bersama. Dirinya juga mengatakan, Pemkab Buleleng harus punya kemampuan swing investment untuk meningkatkan investasi.

Baca Juga :  Golkar Karangasem Jalin Komunikasi Intens Jelang Pilkada, Tunggu Arahan Pusat

“Misalnya di suatu tata ruang tersebut ada sesuatu yang menjanjikan menyangkut lokasi yang bagus jadi ada infrastruktur yang harus dibangun disana. Ada menjanjikan pertanian kita yang memiliki daya saing yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh yang lain sehingga permintaan dapat lebih terbuka, jadi tidak semua hasil pertanian kita push untuk kita kembangkan sehingga memiliki daya saing kuat,” pungkasnya.

Musrenbang RKPD ini juga diselenggarakan melalui virtual yang diikuti FKPD Buleleng, Pimpinan SKPD, dan para Camat.

Baca Juga :  Libur Lebaran, Dinas Dukcapil Buleleng Layani Ratusan Masyarakat

Dalam kesempatan itu, hadir langsung Wakil Ketua III DPRD Buleleng, Made Putri Nareni, Sekda Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd, para Asisten Setda Buleleng, dan beberapa Pimpinan SKPD lingkungan Pemkab Buleleng.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News