Tarung Derajat
Wabup Ipat Terpilih Jadi Ketua Umum Kodrat Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna dikukuhkan secara resmi sebagai Ketua Umum Keluarga Tarung Derajat (Kodrat) Kabupaten Jembrana periode 2021-2023.

Pengukuhan Pengkab Jembrana dilakukan bersamaan dengan Pengkab Gianyar dan Buleleng secara langsung oleh Ketua Umum Pengprov Kodrat Bali, I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya di Lapangan Pantai Mertasari, Sanur Kauh, Denpasar, Minggu (20/2/2022).

Sebelumnya dikesempatan yang sama juga dilaksanakan pengukuhan pengurus kodrat Bali yang diketuai I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya oleh Ketua PB Kondrat Pusat, Bambang Soesatyo yang juga sebagai Ketua MPR RI.

Ketua PB Kodrat Pusat, Bambang Soesatyo dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada kepengurusan yang baru, baik di tingkat Pengrov Bali maupun di tingkat kabupaten/kota sendiri.

“Selamat kepada rekan-rekan Pengrov Bali, Pengkab Jembrana, Buleleng, dan Gianyar. Semoga ke depannya bisa membawa cabor (cabang olahraga) tarung derajat ini lebih membumi, dikenal luas oleh seluruh masyarakat, karena kita tahu tarung derajat adalah cabang olahraga asli dari Indonesia,” ucapnya.

Sejalan dengan yang disampaikan Bambang Soesatyo, Ketum Pengprov Kodrat Bali, I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya (Turah Joko) meminta agar para pengurus yang baru di masing-masing kabupaten untuk terus mencetak kader yang berprestasi sehingga nantinya bisa membawa nama baik kabupaten, dan provinsi Bali pada umumnya.

Baca Juga :  Enam Ranperda Disetujui Jadi Perda, Bupati Tamba : Bukti Sinergitas Eksekutif dan Legislatif

“Ke depannya harus dicetak sebanyak-sebanyak petarung berprestasi. Meskipun saat ini masih terkendala pandemi Covid-19, saya imbau agar seluruh pengurus aktifkan lagi satlat yang sudah ada dan bila perlu cetak sebanyak-sebanyaknya petarung-petarung handal,” ujarnya.

Sementara itu Ketum Pengkab Kodrat Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna menuturkan apa yang menjadi arahan pimpinan PB Kodrat Pusat dan Provinsi tentu akan ditindak lanjuti pengurus di tingkat Kabupaten.

“Ini tentu menjadi pengalaman pertama saya di dunia tarung derajat. Setelah mendengar apa yang menjadi arahan dari Bapak Ketum Bambang Soesatyo dan Ketua Pengprov Bali, Turah Joko, saya berkomitmen ke depannya akan lebih memasyarakatkan lagi tarung derajat di Kabupaten Jembrana, sehingga lebih banyak lagi peminatnya. Dengan peminat yang banyak, Astungkara banyak lahir petarung-petarung handal yang akan membawa nama baik Jembrana ke depannya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Tutup Gelaran Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024

Lebih lanjut, ditanya terkait penunjukannya sebagai Ketua Pengkab Kodrat Jembrana, Wabup Patriana Krisna (Ipat) sendiri mengatakan bahwa sebelumnya telah dilakukan musyawarah di rumah Ketua Pengkab Kodrat Jembrana sebelumnya yaitu Bapak Nyoman Werka yang dihadiri oleh seluruh pengurus dan dihadiri pengurun Kodrat Provinsi Bali.

“Saat itu, dalam diskusi bersama, beliau bapak Nyoman Werka menyampaikan keinginan untuk mengundurkan diri dari ketua, karena ingin adanya regenerasi ditubuh PB Kodrat Jembrana, selain itu juga karena faktor usia dan kondisi sakit serta status beliau saat ini menjadi mangku. Dan kebetulan beliau menunjuk saya untuk menjadi Ketua. Meskipun saat ini resmi menjadi ketua, saya tetap memohon wejangan-wejangan kepada beliau, senior saya, karena beliu sudah sangat berpengalaman, dan kita berkomitmen bersama seluruh Pengurus Kodrat Jembrana untuk membawa olahraga ini ke arah yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Jembrana Ajak Stakeholder Komitmen Bersama Lindungi PMI

Selain kegiatan pelantikan pengurus di tingkat Provinsi dan Kabupaten sendiri, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan ujian kenaikan tingkat gelombang I tahun 2022 bagi para altet-atlet tarung derajat.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News