Tanpa Tes Masuk Unud
Unud Buka Peluang Masuk Tanpa Tes melalui Jalur Mandiri Prestasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Universitas Udayana melalui Biro Kemahasiswaan menggelar Sosialisasi Penelusuran Calon Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Prestasi yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi Cisco Webex, Jumat (11/2/2022).

Sosialisasi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan diikuti oleh perwakilan SMA/SMK/MA se-Bali serta ditayangkan secara live streaming pada akun Youtube Udayana TV dan Media Sosial Universitas.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D., IPU., menyampaikan sosialisasi penelusuran penerimaan mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma melalui jalur prestasi digelar secara daring karena situasi belum memungkinkan dilaksanakan secara luring karena peningkatan penyebaran Omicron.

Wakil Rektor memberikan apresiasi kepada perwakilan sekolah yang telah hadir mengikuti sosialisasi. Ini pertama kali dilaksanakan oleh Unud yakni penerimaan mahasiswa melalui jalur prestasi sehingga perlu disosialisasikan dan apabila masih ada pertanyaan dapat didiskusikan dengan Tim Narasumber. Kegiatan ini tentu merupakan terobosan baru atau kebijakan Rektor Unud dalam rangka memberikan peluang atau kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi di Unud kepada siswa-siswi berprestasi dibidang sains, olah raga, dan seni untuk masuk ke Unud tanpa testing hanya melalui jalur penelusuran yang diadakan tahun ini. Ini juga memberikan kesempatan kepada siswa yang belum lolos atau diusulkan untuk mengikuti SNMPTN tapi memiliki potensi karena terkendala akademis, sehingga dapat peluang untuk masuk melalui jalur prestasi ini.

Baca Juga :  Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok 

Salah satu persyaratannya minimal juara nasional atau juara tingkat internasional, akan dilihat dan diverifikasi sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Hal ini akan diumumkan sebelum pelaksanaan SBMPTN. Melalui kesempatan tersebut Wakil Rektor mengajak para siswa berprestasi untuk kuliah dan berprestasi di Universitas Udayana.

“Di samping itu juga ada KIP kuliah bagi calon mahasiswa berprestasi dari keluarga yang kurang mampu,” pungkas Prof. Ngakan.

Adapun materi dan narasumber dalam sosialisasi yakni materi kriteria penelusur mahasiswa baru jalur mandiri prestasi dengan narasumber Dr. Ir. I Ketut Sardiana, MP., materi pendaftaran penelusuran jalur mandiri prestasi secara online oleh Komang Oka Saputra, ST., MT., Ph.D., materi terkait Fakultas, Program Studi dan kuota daya tampung penerimaan mahasiswa baru Unud tahun 2022 oleh I Made Budiastrawan, S.Kom., MM., dan materi Sosialisasi KIP Kuliah, oleh drh. I Made Kardena, MVS bersama Dewa Gede Pradnya Yustiawan, SH,.MH., serta selaku moderator Drs. I Wayan Santiyasa, M.Si.

Registrasi jalur ini dilakukan secara online melalui portal penelusuran jalur mandiri prestasi (PJMP) dengan alamat https://pjmp.unud.ac.id, dimana pendaftaran dibuka pada tanggal 15 Februari sampai 10 Maret 2022. Informasi lengkap dan diskusi terkait jalur ini dapat disaksikan kembali pada akun outube Udayana TV. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini