Perpustakaan
Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Diskerpus Badung Luncurkan Kartu Anggota Perpustakaan Wali Sakti. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemkab. Badung melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) meluncurkan kartu anggota Perpustakaan bernama ‘Wali Sakti’ sebagai pengembangan inovasi layanan di Kabupaten Badung tahun 2022 yang bertujuan memberikan kemudahan layanan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Peluncuran Wali Sakti dilakukan oleh Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa bersama Kepala Perpustakaan Nasional diwakili Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Teguh Purwanto dan Kadiskerpus Badung, Ni Wayan Kristiani, di Badung Command Center, Puspem Badung, Rabu (23/2/2022).

Acara tersebut juga dihadiri Kadisdukcapil AA. Ngurah Arimbawa, Kadiskominfo IGN Gede Jaya Saputra dan Koordinator Penyusunan Konten Media dan Layanan Informasi, Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Yuliatry Bunga.

Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasi atas terwujudnya kerjasama antara Perpusnas dengan Diskerpus Badung sebagai pengembangan inovasi layanan di Diskerpus Badung. Inovasi-inovasi seperti ini diharapkan selalu tumbuh untuk memudahkan masyarakat Badung dalam memperoleh pelayanan.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Hadiri Lomba Sketsa Ogoh-ogoh se-Kelurahan Benoa

“Tentu ini menjadi kado istimewa, karena Diskerpus sudah mampu membangun kerjasama dengan Perpusnas dalam rangka kartu keanggotaan perpustakaan Wali Sakti ini,” jelasnya.

Menurutnya, esensi dari kartu ini, masyarakat badung bisa mendapatkan akses layanan perpustakaan badung maupun nasional. Ini merupakan langkah mulia dalam upaya mendorong, membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Mudah-mudahan melalui peluncuran kartu anggota Wali Sakti, minat baca masyarakat semakin meningkat. Budaya baca harus kita dorong khususnya bagi generasi muda sehingga mampu membangun Indonesia Cerdas 2045,” jelasnya.

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Badung Ni Wayan Kristiani mengatakan, peluncuran kartu keanggotaan perpustakaan wali sakti bertujuan memudahkan masyarakat dalam pemanfaatan layanan perpustakaan guna meningkatkan kegemaran membaca, memperluas wawasan dan pengetahuan serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Salurkan BST Tahap 4 dan 5 di Canggu

Dijelaskan, Perpustakaan Nasional saat ini telah menerapkan kartu anggota perpustakaan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) yaitu kartu ‘Sakti’, untuk pengintegrasian data anggota perpustakaan, penyederhanaan sistem keanggotaan perpustakaan dengan memberikan perluasan akses peminjaman koleksi pada perpustakaan nasional melalui jaringan aplikasi program nasional yaitu program inlis lite.

“Terima kasih kepada Perpusnas RI atas kerjasamanya dalam mewujudkan kartu anggota perpustakaan Sastra Mangutama yang diberi nama ‘Wali Pustaka’. Sedangkan kartu anggota Perpusnas RI bernama ‘Sakti’ Satu Kartu Terintegrasi, maka untuk mewujudkan kartu keanggotaan bersama kami beri nama ‘Wali Sakti’ Dengan telah terintegrasinya data anggota perpustakaan dengan penerapan NIK, maka anggota perpustakaan badung otomatis menjadi anggota perpustakaan nasional,” imbuhnya.

Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Teguh Purwanto menyampaikan apresiasi atas terobosan Diskerpus Badung telah berhasil membuat program kartu anggota Wali Sakti. Keanggotaan pada kartu wali sakti akan sekaligus menjadi anggota perpustakaan nasional, sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan koleksi bacaan yang lengkap. Ia juga menyebutkan Diskerpus Badung melalui program wali sakti-nya menjadi salah satu pioneer perpustakaan di Indonesia.

Baca Juga :  Terkait Program KBS, Sekda Badung Berkoordinasi dengan Kajari Badung

Hal ini akan dijadikan contoh di Indonesia khususnya bagi perpustakaan-perpustakaan di daerah, sehingga mampu berkembang dan mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang baik seperti perpustakaan di kabupaten badung.

“Kami harapkan Diskerpus Badung terus melakukan inovasi layanan perpustakaan. Pasalnya, pemustaka sebagai pengguna jasa perpustakaan, membutuhkan layanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kehadiran Wali Sakti diharapkan bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini