Tapel ogoh-ogoh
Sekda Alit Wiradana Hadiri Lomba Sketsa dan Tapel Ogoh-ogoh di Banjar Dukuh Mertajati Sidekarya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Menuju pergantian Tahun Baru Saka 1944, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradana hadiri lomba pameran tapel dan sketsa ogoh-ogoh ST Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Desa Sidakarya, Denpasar Selatan, Jumat (25/2/2022).

Selain Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradhana hadir juga Camat Denpasar Selatan, I Made Sumarsana, Jro Bendesa, serta tokoh masyarakat desa setempat.

Ketua STT Tunas Muda Banjar Dukuh Mertajati, Putu Ade Widiantara mengatakan lomba sketsa ogoh-ogoh tahun ini merupakan yang ke-3 kalinya sekaligus juga diadakan lomba tapel ogoh-ogoh ke-2 STT Tunas Muda Banjar Dukuh Mertajati. Yang mana pelaksanaan lomba dan pameran ini dilaksanakan dari tanggal 25-28 Pebruari 2022.

Lebih lanjut dikatakannya, adapun peserta yang ikut serta kali ini total sebanyak 65 peserta yang diikuti oleh kalangan umum. “Lomba sketsa ogoh-ogoh ini dilaksanakan untuk memberikan wadah bagi pelaku seni 2 dimensi dan 3 dimensi untuk tetap bisa menuangkan serta memamerkan karya seninya kepada masyarakat luas. Begitu juga untuk lomba tapel ini dilaksanakan mengingat banyaknya karya seni tapel yang tidak terpakai usai pelaksanaan ngerupuk, dan tapel ini juga merupakan bagian terpenting dari ogoh-ogoh tersebut, sehingga karya-karya yang bernilai ekonomis ini dapat dipamerkan kembali,” ujarnya.

Baca Juga :  Ciptakan Tertib Administrasi, Kelurahan Dangin Puri Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen

“Apalagi belakangan ini sudah 2 kali tidak diperbolehkan untuk pawai ogoh-ogoh karena masih masa pandemi covid-19, maka dari itu kami berinisiatif untuk melaksanakan lomba ini sehingga masyarakat khususnya anak muda tetap bisa berkarya dan tetap mengasah kreativitasnya dalam membuat seni,” kata Ade Widiantara.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradhana sangat mengapresiasi pelaksanaan pameran serta lomba sketsa dan tapel ogoh-ogoh tersebut walaupun saat ini masih dalam situasi pandemic Covid-19, namun semangat dari para generasi muda ini tetap membara dalam berkreativitas dan menjalankan budaya.

Baca Juga :  Oleh-oleh Khas Bali, The Barong: Koleksi yang Membawa Keuntungan

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini sudah nyambung dengan visi misi Kota Denpasar yakni kota kreatif berwawasan budaya.

“Jadi diharapkan untuk kedepannya para pemuda pemudi khususnya generasi muda di Kota Denpasar agar dapat bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan visi dan misi Kota Denpasar untuk membangun Denpasar yang lebih maju dan berbudaya,” ujarnya.

Lebih lanjut dia berharap dalam kegiatan ini dapat memberikan efek yang positif bagi masyarakat dalam memajukan budaya di Kota Denpasar. Dan berhubung saat ini masih dalam situasi pandemi diharapkan juga masyarakat dapat bekerjasama untuk tetap menerapkan prokes sehingga tidak terjadinya penyebaran virus yang semakin meluas.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News