Jaya Wibawa
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tidak terasa setahun sudah Wali Kota I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota I Kadek Agus Arya Wibawa memimpin Kota Denpasar.

Pada 26 Pebruari dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar sehari sebelum HUT ke-234 Kota Denpasar, pasangan yang identik dengan jargon Vasudhaiva Khutumbakam ini tepat setahun memimpin Ibu Kota Provinsi Bali.

Dalam waktu yang singkat, ditengah hantaman Pandemi Covid-19 yang menyebabkan situasi yang serba tidak menentu, pasangan Jaya-Wibawa gerak cepat membangun Denpasar. Berbagai bidang turut disasar guna mewujudkan harapan masyarakat.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat diwawancarai Kamis (24/2/2022) menjelaskan, dengan gerak cepat membangun sinergi dan kordinasi, beragam program kerja prioritas berhasil direalisasikan Wali Kota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa. Mulai dari bidang Penanganan Pandemi Covid-19 seperti Inovasi Jaga Baya Covid-19, Optimalisasi Vaksinasi Tahap I, II dan Booster, Bantuan Sembako Bagi Masyarakat dan Dapur Umum Gotong Royong.

Kedua, Bidang Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi mulai dari Pandemic Incubation Program (PIP), Digitalisasi Retribusi Parkir, Penguatan UMKM dan Pemasaran Produk oleh Dekranasda, serta Aplikasi Paon Denpasar sebagai e-Marketplace UMKM Denpasar.

Ketiga, Pembangunan dan Penataan Infrastruktur mulai dari Penataan Kawasan Wisata Pantai Sanur, Penataan Pelataran Pasar Badung, Revitalisasi pasar Oleh-Oleh Kumbasari, Renovasi dan Revitalisasi Gedung Sekolah, Penataan Kawasan Heritage Gajah Mada, Pembangunan Lima TPS3R, Pembangunan Kanal Air Baku di IPA Belusung dan Normalisasi Sungai di Kawasan Hilir.

Baca Juga :  BLT APBD Kota Denpasar Sudah 100 Persen Masuk ke Rekening Penerima

Keempat, Pengembangan Manusia dan Kebudayaan mulai dari Dharma Negara Alaya sebagai wadah start up berkreatifitas, D-Youth Fest sebagai ruang kreatifitas anak muda, Denfest sebagai ruang kolaborasi seni budaya dan UMKM serta Lomba Bapang Barong, Mekendang dan Palegongan.

Dan yang lainnya yakni Peningkatan Pelayanan Publik mulai dari Optimalisasi Mal Pelayanan Publik Sewakadarma, Meningkatkan Pelayanan Adminduk di Desa/Kelurahan, Kerjasama Sister City, Inovasi PAGI (Pajak Digital) Denpasar dan Digitalisasi Pelayanan Publik.

Tak hanya realisasi program prioritas, Dewa Rai mengatakan, setahun di bawah kepemimpinan Jaya-Wibawa, Kota Denpasar sukses mendulang prestasi diberbagai bidang. Hal ini tentunya menjadi bukti bahwa Jaya – Wibawa serius bekerja untuk Denpsar.

  1. Penghargaan Nasional Astra Coorporatte Affair
    Merupakan sebuah ajang penghargaan bagi internal grup Astra dalam pencapaian beberapa bidang yaitu environment, health, social responsibility, security dan corporate communication.
  2. Penghargaan Meritrokrasi Kategori Baik
    Penghargaan ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam perencanaan  kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi,  manajemen kinerja, penggajian, penghargaan, dan disiplin, perlindungan dan  pelayanan serta sistem informasi.
  3. Penghargaan Dukcapil Bisa
    Wujud komitmen Pemkot Denpasar dalam meningkatkan kualitas di segala bidang pelayanan publik, termasuk layanan Administrasi Kependudukan. Penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja, inovasi dan kualitas pelayanan sehingga diharapkan menjadi inspirasi dan role model dalam berbagai bidang.
  4. Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja
    Wujud apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah yang memiliki komitmen dan kepedulian terhadap Polisi Pamong Praja di Daerah. Pemberian penghargaan tersebut telah melalui proses penilaian yang cukup panjang dan sangat selektif yang dilaksanakan langsung oleh tim Kementerian Dalam Negeri.
  5. Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City
    Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama yang bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.
  6. Penghargaan Kota Layak Anak
    Bertujuan agar suatu daerah dapat terus meningkatkan sinergitas dan komitmen dalam upaya melindungi anak-anak secara sungguh-sungguh, tentunya dengan bantuan dari seluruh elemen masyarakat dan pihak terkait lainnya.
  7. Inovasi Pelayanan Publik 2021
    Bertujuan untuk membiasakan budaya berinovasi di kalangan birokrasi dan menjaring inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik
  8. Penghargaan BKN Award 2021 Kategori Pengembangan
    Merupakan penghargaan yang diberikan kepada Instansi Pusat dan Daerah atas prestasinya dalam pengelolaan Aparatus Sipil Negara (ASN).
  9. Penghargaan Publik Service of  The Year Bali 2021
    Atas keberhasilan dalam mengelola pelayanan publik bagi masyarakat.
  10. Anugrah Parahita Ekapraya
    Merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat sebagai pengakuan atas komitmen, upaya dan prestasi kementerian, lembaga serta pemerintah daerah atas pelaksanaan pembangunan yang menjamin kesetaraan dan keadilan gender.
  11. Anugrah Humas Indonesia
    Merupakan ajang kompetisi kinerja komunikasi institusi di lingkup kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, anak BUMN dan BUMD se-Indonesia.
  12. Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Nasional Tahun 2021
    Merupakan penghargaan sebagai sarana untuk menjaring, mendokumentasikan, dan mempromosikan inovasi
  13. Penghargaan WTP 9 Kali
    Penghargaan atas keberhasilan Pemkot Denpasar dalam mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI sebanyak 9 kali berturut.
  14. Penghargaan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).
    Penghargaan atas dedikasi dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).
  15. Monitoring Centre For Prevention (MCP)
    merupakan penghargaan stas keberhasilan mendorong jajaran pemerintah melaksanakan transformasi nilai dan praktek pemerintahan daerah sehingga tercipta  tata kelola pemerintahan yang baik.
  16. Penghargaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government
    Merupakan penghargaan atas keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini