RS Unud
RS UNUD Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dalam Rangka “World Cancer Day 2022”. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Hari Kanker Sedunia jatuh pada tanggal 4 Februari 2022, tak mau ketinggalan RS UNUD turut merayakan dengan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa seminar dan pelayanan kesehatan di wilayah Desa Pecatu bertempat di ruang pertemuan Desa Adat Pecatu.

Kegiatan yang mengambil tema Cek Kesehatan Secara Rutin, Datang dan Periksakan Diri, terdiri dari seminar yang diisi oleh 4 narasumber yang ahli di bidangnya dan merupakan para dokter spesialis yang bertugas di RS UNUD, selain itu ada pemberian layanan kesehatan gratis yang dilakukan oleh para dokter spesialis, dokter umum, perawat dan bidan RS UNUD antara lain pemeriksaan kesehatan dasar, tes IVA untuk mendeteksi kanker leher rahim serta pemeriksaan radiologi USG untuk mendeteksi kanker lainnya.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Seleksi Duta Safety Riding 2024 di SMK PGRI 2 Badung

Acara ini mendapat dukungan yang besar dari perangkat desa adat Pecatu serta masyarakat di wilayah desa Pecatu. Peserta seminar adalah para anggota Wanita Hindu Dharma Desa Adat Pecatu sedangkan pelayanan kesehatan gratis menyasar seluruh warga desa adat Pecatu.

Jro Bendesa Desa Adat Pecatu, I Made Sumerta menyampaikan terima kasih atas adanya kegiatan pelayanan kesehatan dari RS UNUD harapannya semoga ke depannya semakin sering ada kegiatan seperti ini dari RS UNUD.

Direktur Utama RS UNUD, Prof. Dr. dr. I Dewa Made Sukrama, M.Si, Sp.MK(K)., mengatakan akan selalu bersinergi dengan perangkat desa adat Pecatu guna meningkatkan derajat kesehatan warga Pecatu melalui layanan di RS UNUD, acara ini merupakan awal dari jalinan hubungan antara RS UNUD dengan Desa Adat Pecatu.

“Harapan kami acara ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat Pecatu terutama dalam penangan kanker melalui skrining yang dilakukan oleh dokter spesialis RS UNUD, apalagi di RS UNUD telah memiliki tenaga dokter spesialis konsultan onkologi,” ucapnya.

Baca Juga :  Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas Saat World Water Forum, Akses Persimpangan Jalan Airport Ngurah Rai Ditutup Mulai 13 Mei

Berdasarkan laporan dari Ketua Panitia Acara dr. IGAA Manik Yuniawaty Wetan, Sp.B-K(Onk), acara dimulai dari jam 07.00 WITA dan selesai jam 12.00 WITA, dengan jumlah peserta yankes dasar mencapai ratusan sedangkan untuk peserta skrining kanker serviks dengan tes IVA sebanyak 17 orang dan peserta skrining kanker dengan radiologi USG sebanyak 18 orang. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News