Seragam Satpam
Perkenalkan Seragam Baru, Upacara HUT ke-41 Satpam di Bali Dipimpin Langsung Kabareskrim Polri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., memimpin langsung upacara peringatan HUT Satuan pengamanan (Satpam) ke-41 yang digelar di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Denpasar pada, Rabu (2/2/2022) pagi.

Peringatan HUT Satpam ke-41 tahun 2022 mengambil tema ‘Bersama Polri, Satpam Siap Menjaga Kamtibmas dan Penanggulangan Covid-19’ tersebut juga digelar serentak di seluruh Indonesia dengan menerapkan Protokol kesehatan secara ketat.

Upacara peringatan dihadiri oleh Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Drs. I Ketut Suardana M.Si., Pejabat Utama Polda Bali, Kadis perhubungan Bali, Ketua KBPPolri, Kasat pol PP Provinsi Bali, Ketua Senkom Bali, Ketua APSI Daerah Bali, Ketua Pokdar Kamtibmas, Ketua sahabat polisi Indonesia, Ketua ABUJAPI Daerah Bali dan perwakilan Satpam.

Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., saat membacakan amanat Kapolri mengatakan, Kehadiran Satpam sebagai salah satu bentuk pam swakarsa telah diatur dalam Pasal 3 ayat (1) UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri, yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk–bentuk pengamanan swakarsa. Selain itu, Polri juga mengeluarkan Perpol No 4 tahun 2020 tentang Pam Swakarsa yang mengatur penjabaran tugas pengamanan di lingkungan kerjanya sebagai suatu profesi yang memiliki landasan hukum.

Baca Juga :  Kapolres Badung Sambut Kunjungan Kerja Tim Korlantas Polri

“Saat ini, Satpam memiliki peran yang semakin penting dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas. Terlebih dengan berkembangnya lingkungan strategis yang semakin cepat dan tidak menentu, seperti perkembangan teknologi informasi, pandemi Covid-19, dan agenda Internasional di Indonesia pada tahun 2022. Perkembangan lingkungan strategis tersebut tentunya berimplikasi terhadap kompleksitas tugas dan tanggung jawab dalam memelihara kamtibmas,” kata Kabareskrim Polri.

“Menyadari hal tersebut, peningkatan peran pam swakarsa menjadi salah satu kegiatan dalam Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional Program ke-5 dan Kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran pengamanan swakarsa melalui peran aktif pam swakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pam swakarsa,” sambungnya.

Baca Juga :  Di Pupuan, TNI dan Polri Bersinergi Antisipasi Covid-19

Kabareskrim juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Satuan pengamanan yang telah membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan atau kawasan tugasnya.

“Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Satuan pengamanan dan Saya berpesan kepada seluruh satpam di manapun berada agar senantiasa menanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan kode etik dan profesi Satpam dan prinsip penuntun tugas Satpam,” tutup Kabareskrim Polri. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini