Drone Sawah
Peneliti FTP Unud Kembangkan Teknologi Drone untuk Monitoring Serangan Hama dan Penyakit Padi di Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Monitoring serangan hama dan penyakit padi menggunakan drone dengan kamera multispectral dilakukan oleh Tim Fakulatas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana di subak Cemagi Let Mengwi pada Minggu (20/2/2022).

Tim yang dipimpin oleh Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D., melakukan penelitian pengembangan metode asesemen serangan hama dan penyakit padi di Bali.

“Hasilnya diharapkan bisa membantu para petani dalam mempermudah kerja di lapangan,” ujarnya.

Teknologi drone merupakan contoh implementasi teknik penginderaan jarak jauh yang berguna untuk memantau lahan persawahan yang cukup luas. Drone memudahkan petani untuk memonitoring dan melakukan perawatan sawahnya seperti mengendalikan serangan hama dan penyakit padi.

Baca Juga :  Tingkatkan Layanan kepada Mahasiswa dan Tenaga Asing di Perguruan Tinggi, Unud Gelar Workshop

Kegiatan ini merupakan implementasi dari project SATREPS dalam pengembangan metode asesemen serangan hama dan penyakit padi yang dibiayai oleh Pemerintah Jepang melalui program JICA (Japan International Operation Agency).

Tim pelaksana project SATREPS terdiri dari Chiba University, IPB University, Udayana University (Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Pertanian), Dinas Pertanian Jawa Barat dan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung.(unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini