Bulan Bahasa Bali
Pemerintah Desa dan Desa Adat Pengotan Bersinergi Laksanakan Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Pemerintah Desa dan Desa Adat Pengotan kembali menggelar acara Bulan Bahasa Bali 2022 guna melestarikan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali dengan tema yang sudah ditentukan oleh Provinsi Bali, yaitu ‘Danu Kerthi Gitaning Toya Ening’ yang berarti Air Sumber Pengetahuan.

Acara yang digelar pada Jumat (4/2/2022) ini dipusatkan di Balai Desa Pengotan dan dihadiri oleh Perbekel Desa Pengotan, Bendesa Adat Pengotan, Kepala Dusun, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua BPD, Ketua LPM, Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Bangli dan undangan lainnya serta dibuka langsung oleh Bendesa Alitan Kecamatan Bangli I Gusti Made Oka yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 4 kali.

Baca Juga :  Fasih Berbahasa Bali, WNA Asal Jepang Ajukan Permohonan Menjadi WNI

Ketua Bidang Kesenian, I Nengah Gunawan yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Bulan Bahasa Bali dalam laporannya menyampaikan pada acara tahun ini masih sama seperti Bulan Bahasa Bali tahun lalu dengan lomba nyurat aksara Bali yang diikuti oleh anak-anak sekolah dasar satu orang perwakilan dari masing-masing banjar, lomba Ngwacen (membaca) wacana beraksara Bali yang diikuti oleh anak-anak tingkat SMP/ STT satu orang perwakilan dari masing-masing banjar.

“Lomba Masatua Bali yang diikuti oleh Paiketan Krama Istri (PAKIS) satu orang perwakilan dari masing-masing banjar, serta festival Nembangang Pupuh Ginada Toya Ening,” ujar Gunawan.

Baca Juga :  Perbekel Punggul Buka Lomba Nyurat Aksara Bali

Gunawan juga menambahkan untuk lomba kami bagi menjadi dua tempat pelaksanaan, pertama untuk lomba nyurat kami tempatkan di bale pasandekan Puri Kanginan, kedua lomba Ngwacen dan masatua di panggung Balai Desa.

“Semoga dengan dilaksanakanya kegiatan ini bisa menumbuhkembangkan minat masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih mencintai bahasa Bali nyang merupakan bahasa ibu yang wajib kita jaga kelestarianya,” tutup Gunawan.

Bulan Bahasa Bali
Pemerintah Desa dan Desa Adat Pengotan Bersinergi Laksanakan Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

Sementara itu Bendesa Alitan Kecamatan Bangli, I Gusti Made Oka dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Bulan Bahasa Bali IV tahun 2022 berdasarkan Pergub Bali nomor 1 Tahun 2018 tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Pergub Bali nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

“Saya sangat mendukung kegiatan Bulan Bahasa Bali ini. Apalagi pemerintah desa dan desa adat sudah menyatu saling mendukung menyelenggarakan Bulan Bahasa Bali mempunyai tujuan yang sama untuk melestarikan dan mengembangkan budaya bali yaitu Bahasa Bali. Bulan Bahasa Bali wajib digelar setiap tahun pada bulan Pebruari sehingga dengan digelarnya Bulan Bahasa Bali setiap tahun secara berkesinambungan maka akan semakin banyak generasi penerus yang mampu dan mau melestarikan Bahasa Bali,” ujar Gusti Oka. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini