Cukur Rambut Panggilan di Denpasar
Modal Otodidak, Demi Bertahan Hidup Mantan PMI Buka Cukur Rambut Panggilan di Denpasar. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun ketiga ini tak hanya membawa kelumpuhan ekonomi, tetapi juga memaksa orang menjadi kreatif dan inovatif untuk bertahan hidup.

Seperti yang dialami Gede Ryan, mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang secara otodidak mempelajari teknik mencukur rambut hingga ia berani membuka Swan Barber Home Service beralamat di Jalan Padma No. 88 Denpasar.

Saat ditemui tim Baliportalnews.com di Denpasar pada Senin (21/2/2022), Ryan sapa akrabnya bercerita awal mula ia berani untuk terjun menjadi tukang cukur rambut panggilan di Denpasar.

“Dulu saat masih aktif menjadi PMI, saat di kapal kan biaya untuk potong rambut itu mahal jadi saya pikir ini peluang bisnis. Sehingga saya berani membeli alat sendiri, belajar sendiri, dan mencukur rambut sendiri hingga mencukur rambut teman-teman sesama pelaut,” jelas Ryan.

Baca Juga :  Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Tingkat Desa/Kelurahan, PMI Buleleng Distribusikan Bantuan dari IRFC

Untuk pelangganya sendiri, Ryan mengatakan mulai dari anak kecil hingga orang tua bisa ia layani.

“Yang penting pelanggan mau dicukur dan memiliki rambut,” ucap Ryan sambil ketawa.

Disinggung tentang target per hari, kata Ryan, ia hanya dapat melayani maksimal 6 pelanggan sehari bahkan hanya 4 saja jika jarak mereka jauh-jauh.

“Hingga saat ini, jarang paling jauh saya pernah mencukur di Gianyar, Canggu, dan Kuta,” ucap Ryan.

Dari sisi harga, kata Ryan untuk seputaran Kota Denpasar dikenakan biaya Rp20 ribu – Rp40 ribu dan di luar Kota Denpasar bisa diatas Rp40 ribu.

Baca Juga :  Jemput PMI Asal Buleleng, Dishub Siapkan Dua Bus

“Sebenarnya tarif jasa cukur panggilan diatas itu, tetapi itung-itung promo dan ikut meringankan beban masyarakat, saat ini saya hanya mematok harga segitu,” jelas Ryan.

Salah satu pelanggan Swan Barber Home Service, Komang Anom mengatakan dirinya sangat puas dari hasil cukuran dari Gede Ryan bahkan ia mengatakan akan menggunakan jasa Gede Ryan lagi nanti.

“Sangat puas, sesuai ekspektasi saya. Akan saya promosikan ke teman-teman saya. Mantap Swan Barber,” ucap Anom dengan bersemangat.

Bagi #SahabatCerdas yang ingin menggunakan jasa Gede Ryan bisa melalui WhatsApp: 089685851211 atau Instagram @swanbarber.homeservice. (tis/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini