Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Ilmu Budaya Menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Ilmu Budaya menyelenggarakan kembali Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2022. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) diselenggarakan pada Jumat (18/2 2022) di ruang Rapat Guru Besar kampus setempat. Kegiatan Pilmapres ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ajang pemilihan mahasiswa berprestasi ini merupakan salah satu kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh FIB setiap tahun. Pilmapres ini untuk memilih perwakilan mahasiswa berprestasi FIB maju ke ajang Pilmapres di tingkat universitas. Pemilihan mahasiswa berprestasi kali ini diikuti oleh 8 orang mahasiswa yang mewakili masing-masing Prodi Sarjana di lingkungan FIB.

Tujuan Pilmapres ini adalah untuk membangun ide-ide kreatif dari mahasiswa yang membantu meningkatkan soft skill mahasiswa. Ide-ide mahasiswa ini nantinya diharapkan dapat dikembangkan menjadi produk yang bermanfaat untuk masyarakat.

Ketua panitia acara Pilmapres, Putu Lirishati Soethama, S.S., M.Hum., menyampaikan bahwa acara Pilmapres ini merupakan salah satu jalan mengasah pola pikir akademik dan soft skill sebagai seorang akademisi.

Baca Juga :  Tinjau PKS, Fepet Unud Audensi ke Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung

“Saya secara pribadi sempat merasakan bagaimana berada dalam suasana Pilmapres ini sebagai peserta. Saat itu saya ada dalam bimbingan Dr. I Nyoman Sama dan Alm. Dr. Bambang. Hingga hari ini dosen-dosen pembimbing yang begitu serius membimbing masih tetap aktif dalam membimbing mahasiswa,” ungkap Lirishati.

Wakil Dekan III FIB, Dr. Dra. Ni Ketut Ratna Erawati, M.Hum., dalam kesempatannya membuka kegiatan Pilmapres menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menjaring ide-ide kreatif mahasiswa.

“Mahasiswa adalah ujung tombak pembangunan bangsa, dari mahasiswa diharapkan hadir ide-ide kreatif. Pilmapres ini menjadi salah satu jalan bagi mahasiswa untuk belajar sekaligus menunjukkan kemampuan akademik dan non akademik,” ungkap Dr. Ratna Erawati.

Pilmapres kali ini menghadirkan tim penilai yang terdiri dari Dr. Drs. I Nyoman Sama, M.Hum., Dr. I Wayan Suardiana, M.Hum., Rochtri Agung Bawono, S.S., M.Hum., dan A.A. Sg. Shanti Sari Dewi, S.S., M.Hum., M.App. Ling. Penilaian terhadap karya tulis dan cara pemaparannya menjadi salah satu komponen penilaian dalam Pilmapres ini.

Setalah pemaparan dari masing-masing peserta Pilmapres, dewan juri memutuskan bahwa Ni Nyoman Tri Gitayani dari Prodi Sastra Inggris mewakili FIB untuk ajang Pilmapres ke tingkat universitas.

Mahasiswa yang akan mewakili FIB kembali memperbaiki karya ilmiahnya berdasarkan masukan dewan juri. Dewan juri juga akan memberikan pembinaan khusus pada mahasiswa perwakilan FIB sebelum menuju Pilmapres di tingkat universitas.(unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini