Mangrove
Digitalisasi Kawasan Mangrove dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi Hijau. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sebagai suatu langkah akselerasi ekonomi digital sekaligus pengembangan ekonomi hijau (green economy), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali berkolaborasi dengan Komando Resor Militer (Korem) 163 Wirasatya melakukan kegiatan Digitalisasi Kawasan Mangrove Wana Segara Kertih Kedonganan, Kabupaten Badung, Bali, pada Selasa (8/2/2022).

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Komandan Korem 163 Wirasatya, Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Bali, dan Komandan Pangkalan Udara I Gusti Ngurah Rai, Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, serta Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai.

Kawasan Mangrove Wana Segara Kertih Kedonganan, yang dikelola langsung oleh kelompok masyarakat setempat, secara khusus dipilih menjadi target digitalisasi antara lain selain untuk mendorong pengembangan destinasi pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat sekitar, juga sekaligus mendukung keberlanjutan hutan mangrove sebagai salah satu aset ekonomi ekosistem hijau atau green economy.

Kegiatan ini memiliki peran dan tujuan yang sangat strategis, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, bahwa kegiatan ini mencakup 3 (tiga) elemen penting dalam peradaban baru yang muncul pada pasca pandemi Covid-19, yakni 1) Digitalisasi, yang telah menjadi suatu keniscayaan sebagai bentuk adaptasi baru dalam beraktivitas sehari-hari; 2) Inklusi ekonomi dan keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata melalui pemberdayaan masyarakat berbasis desa; dan 3) Ekonomi hijau, yang saat ini menjadi tuntutan global seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga :  Bank Mandiri Siapkan Rp1,15 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai di Bali dan Nusa Tenggara Jelang Idul Fitri

Sementara itu, Danrem 163 Wirasatya, Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., juga menyampaikan bahwa kepedulian terhadap mangrove merupakan upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi dampak pemanasan global dan abrasi pantai.

“Agar hutan mangrove yang telah mulai dibangun sejak tahun 2003 ini dapat terus dipelihara kelestarian dan dikembangkan kawasannya melalui digitalisasi, agar dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Brigjen TNI Husein Sagaf.

Dengan adanya digitalisasi ini, kini Kawasan Mangrove Wana Segara Kertih Kedonganan telah secara resmi menyediakan opsi bertransaksi secara digital yang cepat, mudah, murah, aman dan handal sekaligus sesuai dengan protokol kesehatan yaitu menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk persewaan water recreation seperti tour mangrove, kano, standing paddle, hingga penjualan produk UMKM hasil olahan mangrove dari kelompok nelayan.

Pada kesempatan kali ini, Bank Indonesia juga menggandeng Bank Mandiri untuk memberikan sosialisasi dan kesempatan first experience dalam bertransaksi menggunakan QRIS kepada kelompok nelayan Kedonganan. Diharapkan dengan experience ini, kelompok nelayan dapat memahami cara penggunaan dan merasakan langsung manfaatnya sehingga terbiasa menggunakan QRIS dalam kegiatan ekonominya.

Tidak hanya itu, kegiatan yang diadakan dalam rangka HUT Korem 163 Wirasatya ke-61 ini juga menyerukan dukungan dalam pelestarian alam yaitu dengan melaksanakan kegiatan penanaman 5.000 bibit mangrove dan pelepasan burung tekukur untuk semakin memperkaya habitat hutan Mangrove Kedonganan.

Baca Juga :  Kegiatan Spesial Selama Bulan Ramadhan di Pertamina Mandalika International Circuit

Kegiatan ini didukung oleh berbagai pihak dari Pemerintah Daerah Provinsi Bali, Bank Indonesia, TNI Angkatan Darat, Udara, dan Laut, Perbankan, Kelompok Nelayan, hingga mahasiswa/i penerima Beasiswa BI (Generasi Baru Indonesia/GenBI).(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News