Korea
Dekan FIB Unud Gelar Sosialisasi Pembentukan Program Studi Bahasa Korea. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., gelar acara sosialisasi pembentukan Program Studi Bahasa Korea pada Senin (21/2/2022).

Dalam sambutannya, disebutkan bahwa pembentukan Program Studi Bahasa Korea mendapatkan dukungan penuh dan positif dari Rektor Universitas Udayana. Acara yang berlangsung dengan penuh motivasi ini diselenggarakan oleh Ketua Korean Language and Cultural Centre FIB Unud, Dr. I Gusti Agung Istri Aryani.

Kegiatan sosialisasi ini mengundang Wakil Rektor Bdang Pendidikan dan Kemahasiswaan dan Dekan FPBS Universitas Penddikan Indonesia Bandung, Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A. dan Prof. Dr. Tri Indri Hardani, M.Pd. Dalam sambutannya, mereka menekankan bahwa mereka akan mendukung pembentukan prodi ini dan akan selalu siap membantu berbagai hal yang dibutuhkan oleh FIB Unud. Prof. Didi yang kala pembentukan Prodi Pendidikan Bahasa Korea sebagai Dekan FPBS mengatakan bahwa modal pembentukan Program Studi Pendidikan Bahasa Korea di FPBS UPI adalah semangat. Pernyataan itu dibenarkan oleh Dekan FPBS yang kala pembentukan itu menjadi WD I.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Didin Samsudin, S.E., M.M., CHCM., Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Korea di UPI Bandung, Ketua Umum Asosiasi Program Studi Korea se-Indonesia (APSKI), SEKJEN Asosiasi Pengajar Bahasa Korea di Indonesia (AJARI), dan sekaligus Dewan Pengawas Perkumpulan Lembaga Pelatihan Bahasa Korea di Indonesia (PELBAKORI) telah memberi arahan kepada peserta yang sekaligus panitia penyusunan proposal di FIB. Di sela-sela penyampaian sosialisasinya, Pak Didin mengatakan siap untuk membantu Tim Taskforce FIB Unud.

Baca Juga :  Jalin Keakraban, Civitas Akademika FKH Unud Gelar Outbond

Ketua Korean Language and Cultural Centre yang sekaligus sebagai ketua panitia panitia sosialisasi sangat terharu saat kegiatan berlangsung karena mendapatkan dukungan yang begitu besar dari jajaran pejabat dan Narasumber UPI Bandung. Ketua panitia dan tim merasa optimis bahwa Prodi ini dapat segera terbentuk. Apalagi ada tuntutan pasar yang mulai mempertanyakan kapan prodi Bahasa Korea terbentuk.

Pemaparan yang diberikan oleh Didin Samsudin sungguh inspiratif dan memotivasi seluruh komponen yang ada di FIB untuk tetap bersemangat demi mewujudkan cita-citanya untuk membentuk Prodi Bahasa dan Budaya Korea di FIB Unud walaupun jalannya berliku. Ia juga menawarkan diri untuk membantu sepenuhnya dan mendampingi kepanitiaan yang ada sampai tebentuknya prodi. Kerja sama nantinya dengan Kedutaan Besar Korea, keperluan buku-buku penunjang dari Korea, dan pengajuan bantuan dana pun akan dikawal olehnya. Sungguh beruntung FIB mendapatkan orang-orang yang bersedia membantu sepenuh hati.

Baca Juga :  Mengusung Tema “Adhi Abdining Segara” Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Unud Gelar Bincang Budaya

Pihak UPI Bandung menawarkan pembuatan kerja sama antara Fakultas Ilmu Budaya dan Universitas Pendidikan Indonesia yang akan mendukung program-program bersama selanjutnya.

Dekan FIB berterimakasih kepada pihak UPI dan akan mempertimbangkan bantuan dan rencana kerja sama tersebut untuk keuntungan kedua belah pihak. Wakil Rektor Dekan UPI beserta jajarannya mengatakan bahwa FIB akan dimasukkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan sepenuhnya akan membantu FIB Unud apalagi Rektor Unversitas Udayana sudah mendorong pembentukan Prodi baru ini.

Dekan FIB Unud menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Didi, Prof. Indri, dan Didin atas dukungan yang disampaikan mereka. Semoga semangat UPI dan FIB Unud terus berkobar, tidak kenal lelah dan selalu berusaha demi mewujudkan cita-citanya untuk membesarkan nama Lembaga Unud sehingga dikenal lebih luas, tidak hanya di kalangan lokal, nasional, tetapi juga di kalangan Internasional.

Baca Juga :  FKH Unud Gelar Penandatanganan Kerja Sama dengan Yayasan Pencinta dan Penyantun Taman Nasional

“Rencana ini akan dikebut setelah merupakan program akreditasi internasional untuk tiga Program Studi FIB yaitu Prodi Sastra Indonesia, Prodi sastra Inggris, dan Prodi Sastra Jepang. Jayalah FIB sepanjang masa,” ucapnya.(unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini