KK Miskin
Bupati Suwirta Berusaha Usulkan Para Penyakap Tanah KK Miskin untuk Menjadi Satu Kelompok. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bentuk kepedulian dan perhatian Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kepada warganya terutama warga KK miskin terlihat saat Bupati meninjau rumah milik I Wayab Rupa tertimpa pohon kelapa tumbang di Banjar Nyamping, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Sabtu (5/2/2022).

Kejadian pohon tumbang yang diakibatkan oleh angin kencang ini terjadi pada pukul 10.30 pagi pada hari Jumat (4/2/2022) kemarin. Beruntung saat kejadian Wayan Rupa bersama istrinya sedang diluar duduk, sehingga tidak ada korban jiwa, tetapi atap rumahnya mengalami rusak yang cukup parah. Bupati juga menyerahkan bantuan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Apresiasi Prestasi Ni Kadek Sinta Peraih Juara I Lomba Nyurat Aksara Bali

Melihat secara langsung kejadian dilapangan, tentu Bupati Suwirta mengaku sangat perihatin atas musibah yang dialami warganya itu. Jadi banyaknya kejadian pohon tumbang di Gunaksa maupun Paksebali ini tidak terlepas dari mereka-mereka dan kebanyakan kk miskin yang rumahnya ada ditengah pohon kelapa, karena mereka nyakap. Ini sudah terlihat sejak melakukan bedah desa dulu.

“Tentu dengan kejadian ini, pertama para pemilik lahan agar nantinya merelakanlah pohon-pohon kelapa disekitar rumah tersebut untuk ditebang kalau masih diijinkan nyakab ditempat itu,” ujar Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Atasi Masalah Air di Desa Kamasan, Bupati Suwirta Urai Permasalahan bersama Dirut PDAM

Bupati Suwirta juga sudah melakukan komunikasi dengan Bapak Gubernur Bali secara lisan untuk mengelompokkan masyarakat yang nyakap tanah itu. Di Paksebali ada sekitar 29 orang yang nyakap, di Pasinggahan juga ada termasuk di Tukad Unda.

“Langkah kedepan akan membuat perencanaan dulu, mudah-mudahan usulan ini bisa dipenuhi oleh Bapak Gubernur Bali terkait dengan pemanfaatan tanah Provinsi untuk menempatkan mereka sebagai Kelompok Usaha Bersama (KUBE),” harap Bupati Suwirta.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini