Birthing Ball
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Universitas Udayana, dr. Ryan Saktika Mulyana, Sp. OG (K). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Walaupun proses persalinan saat ini sudah modern, namun metode persalinan konvensional atau melahirkan dengan cara normal kembali dibangkitkan oleh para dokter kandungan. Alasannya, karena proses persalinan normal ini dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan komplikasi.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Universitas Udayana, dr. Ryan Saktika Mulyana, Sp. OG (K) mengatakan jika proses persalinan normal saat ini kembali menjadi pilihan bagi para ibu.

“Selain faktor keamanan, kami juga menganjurkan para ibu untuk melakukan persalinan normal, apalagi kondisi ibu memungkinkan,” jelasnya.

dr. Ryan mengatakan persalinan normal memang menimbulkan rasa sakit yang sangat, namun saat ini sudah ada beragam teknik untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Salah satunya adalah melakukan senam hamil untuk melatih pernapasan saat persalinan nanti.

Baca Juga :  Buleleng Jadi Kabupaten Dengan Kasus Stunting Terendah Ketiga di Bali

“Satu metode senam hamil yang disarankan adalah birthing ball,” ucap dr. Ryan.

dr. Ryan menjelaskan, birthing ball ini sebenarnya serupa dengan gym ball atau exercise ball.

“Bedanya, ukuran dari birthing ball biasanya lebih besar dan memiliki lapisan antislip agar Anda tidak mudah terpeleset saat duduk di atasnya,” ujarnya.

Kata dr. Ryan bola besar yang satu ini bisa digunakan selama masa kehamilan, persalinan, bahkan setelah melahirkan.

“Fungsi bola ini sebenarnya untuk memberikan kenyamanan kepada tubuh ibu hamil saat menjalani masa kehamilan dan melewati persalinan,” jelasnya.

Baca Juga :  Turunkan Angka Stunting, Bupati Tabanan Harap TPPS Bersinergi dengan Masyarakat

Lanjut dr. Ryan, penggunaan birthing ball ini sudah bisa dilakukan sejak jauh hari sebelum waktu persalinan. Karena birthing ball ini memiliki manfaat beragam, mulai dari membentuk postur tubuh menjadi lebih baik, membantu menguatkan otot perut dan punggung selama masa kehamilan.

Ketika proses persalinan, birthing ball ini dikatakan dr. Ryan juga sangat membantu ibu hamil ketika masa kontraksi. Karena dengan duduk diatas birthing ball ini, bisa membantu meredakan rasa sakit di punggung dan panggul karena birthing ball ini bisa mengurangi tekanan pada bagian tersebut.

Baca Juga :  Komitmen Turunkan Angka Stunting, Bupati Suwirta Bentuk Tim Percepatan Penangan Penurunan Stunting

Dengan berkurangnya tekanan pada otot panggul ini, maka akan memberikan ruang yang lebih nyaman untuk bayi turun menuju jalan lahir.

“Selain itu, birthing ball ini juga berguna ketika masa persalinan sudah lewat, karena setelahnya para ibu bisa menggunakannya sebagai tempat duduk yang nyaman pasca perslinan,” ungkapnya.(agni/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini