Tjok
Tjok Bagus Rilis Single Terbaru. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tjok Bagus, atau yang akrab disapa Cokgus, akan meluncurkan singlenya yang berjudul: Ya Sudahlah, pada 20 Januari 2022 mendatang.

Eks personil Nosstress itu kini memilih jalan dan nasibnya sendiri untuk menguji pertarungan dan peruntungannya di rimba musik tanah air. Singlenya akan dapat segera dinikmati di kanal musik digital kesayangan penggemarnya.

‘Ya Sudahlah’ hadir dengan tanpa basa-basi dan banyak narasi. Namun single ini cukup asik untuk mengiringi saat-saat ngopi para pecinta musik folk dalam dan luar negeri.

“Berkarya dengan hati, mencoba memerdekakan diri sendiri,” seru Tjok Bagus ketika ditanya proses kreatifnya dalam penggarapan single ini.

Baca Juga :  Suzuki Jimny 5-Door Resmi Ngaspal di Bali, Dijatah 10 Unit Per Bulan

Sebagai musisi, Tjok Bagus memang sangat identik dengan Nosstress, band yang dirintisnya sejak tahun 2008 lalu. Hingga pada November 2021, ia memutuskan untuk mundur dari band tersebut.

Keputusan Tjok meninggalkan Nosstress sungguh mengejutkan para penggemar band folks asal Bali ini. Mereka menyayangkan langkah yang diambil sang idola.

Bahkan akun sosmed pria yang handal menepak cajon ini dibanjiri komentar para penggemar. Kebanyakan mereka menyayangkan keputusan Tjok dan meminta agar Tjok mengurungkan niatnya.

Namun Tjok tetap memilih mengikuti kata hatinya, memilih lepas dari Nosstress dan kembali berkarya karena pesan mendiang Ibunya. Ia resmi mundur dari Nosstress yang sebetulnya kian berkembang itu. Kali ini dia bertarung sendiri. Dia menggarap beberapa karya solo. Sampai saat ini, ia telah berhasil menciptakan 5 lagu karyanya sendiri.

Baca Juga :  Bantu Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Pj Ketua TP PKK Bali Apresiasi Pelaksanaan Bakti Sosial Ngrombo

“Dengan karya solo saya ini, saya merasa lebih tenang dalam bermusik. Apapun hasilnya nanti, saya senang bisa berkarya dengan tenang dan jujur kepada diri saya sendiri,” ucapnya.

Ya Sudahlah merupakan single perdana Tjok Bagus. Dalam penggarapannya Tjok Bagus dibantu oleh beberapa kawan yang pasang badan untuk mendukung penuh karya-karya Tjok Bagus. ‘Ya Sudahlah’ menjadi karya senyatanya yang mengalir ke telinga pendengar. Agung Wiryawan, Bono Sony, dan Fendy Rizk adalah nama-nama musisi pendukung dalam single ini.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Turnamen Tenis Meja Antar OPD Serangkaian HUT Ke-236 Kota Denpasar

Deny Surya dan Fendy Rizk menjadi sound engineer dalam proses rekaman lagu ini. Mixing dan Mastering juga dlilakukan oleh Deny Surya di bawah naungan Lengkung Langit Studio; Artwork digarap oleh Kedux; Layout digarap oleh Arik Taplon; Layout gerak oleh Gus Karisma; fotografer Hendra.

Tak sebatas itu, proses pembuatan lagu ini banyak dilatarbelakangi oleh satu momen emosional yang dialaminya, yaitu ketika hampir satu tahun Tjok Bagus merawat mendiang ibunya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News