Wireless Headphone
Wireless Headphone. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Headphone nirkabel alias wireless headphone sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang, terutama para pecinta musik dan gamer. Dengan alat ini, seseorang bisa memutar musik atau mendengar sesuatu secara lebih mudah lewat gadget mereka.

Mencari headphone yang tepat seringkali sulit banyaknya pilihan yang menarik. Memilih produk yang andal akan memastikan kenyamanan Anda dalam jangka panjang. Sayangnya, aksesori audio semacam itu terkadang rusak sebelum waktunya, menyebabkan stres dan kecemasan serta yang pasti memaksa Anda untuk membeli yang baru lagi.

Lantas bagaimana cara merawat gadget yang satu ini agar selalu awet dan tidak mudah rusak? Kami akan merangkumkan beberapa tipsnya buat Anda. Simak baik-baik.

Perhatikan Tempat Penyimpanannya

Menyimpan headphone Anda dengan baik pada dasarnya dapat memperpanjang masa pakainya. Meletakkannya begitu saja di tas Anda bukanlah cara yang benar. Sebagian besar headphone saat ini dilengkapi dengan unit penyimpanan yang menyertainya, baik dalam bentuk kantong pelindung atau kotak portabel. Unit penyimpanan ini dapat memastikan perangkat Anda tidak terkena debu atau kelembaban.

Bersihkan Secara Rutin

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan Berlimpah Saat Idul Fitri Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed

Meski Anda sudah menjaga headphone Anda dari kotoran, alat ini tetap membutuhkan pembersihan mingguan. Headphone nirkabel, yang sedang populer saat ini, perlu dibersihkan dengan handuk kertas yang agak lembap untuk memastikan debu tidak menghalangi audio apa pun.

Gunakan untuk Keperluan Pribadi Saja

Teman atau kerabat Anda mungkin ingin mencoba wireless headphone Anda; namun itu sebenarnya bukan hal yang baik. Terlebih lagi jika Anda sering meminjamkan headphone Anda pada beberapa orang. Dengan menggunakan headphone untuk keperluan Anda pribadi, akumulasi debu dan kotoran akan berkurang, yang akan memperpanjang umurnya. Belum lagi, pertukaran kotoran telinga yang berlebihan melalui aksesori audio dapat menyebabkan infeksi telinga.

Isi Sampai Penuh Tapi Tidak Berlebihan

Setelah headphone Anda terisi penuh, pastikan Anda melepaskan port pengisian daya. Terlepas dari apakah Anda menggunakan kasing pengisi daya atau pengisi daya USB Type-C, putuskan dayanya hanya setelah penuh. Pengisian daya yang berlebihan dapat mengurangi umur dan bahkan menghambat kemampuan audio. Pilih perangkat yang secara intuitif berhenti ketika dayanya penuh.

Baca Juga :  Mudik Ala POCO Tetap Asik dengan Hape Mulai dari Sejutaan

Matikan Ketika Anda Tidur

Membiarkan musik favorit Anda menidurkan Anda setiap hari adalah cara yang menyenangkan untuk tidur. Namun membiarkan perangkat yang dikenakan di telinga seperti itu sepanjang malam tidak baik untuk kesehatan telinga dan headphone Anda. Dekatkan unit penyimpanan khusus Anda untuk menyimpan headphone Anda saat Anda beranjak tidur.

Perhatikan Kelembaban

Meski banyak produk headphone baru sudah memiliki tingkat ketahanan air yang lebih tinggi, alat ini tidak selalu bisa bertahan dari paparan kelembaban yang konstan. Percikan air atau akumulasi keringat yang tidak terduga dapat menghambat kemampuan audio yang menyebabkan kerusakan total. Pilih produk dengan peringkat IPXY yang lebih tinggi untuk ketahanan yang lebih baik terhadap air dan debu. Produk berperingkat IPX7 lebih tahan terhadap kelembapan dibandingkan dengan IPX4 atau lebih rendah.

Baca Juga :  Biznet dan BMWCCI Bali Gelar NgabubuRUN  

Periksa garansi Anda

Jika Anda tidak dapat mendiagnosis secara pasti mengapa headphone Anda tidak dapat memberikan suara berkualitas, pastikan untuk melihat sekilas kartu garansi Anda. Jika Anda berada dalam jangka waktu tersebut, kemungkinan headphone Anda ada yang cacat. Anda bisa mendapatkan unit baru yang bagus dengan garansi.

Nah, dengan mempertimbangkan beberapa poin di atas, maka wireless headphone Anda akan bisa bertahan lebih lama.

Jadi, bagi Anda yang saat ini tertarik ingin membeli wireless headphone, Anda dapat membelinya di Shopee melalui kampanya belanja Shopee COD 2.2 Sale yang akan berlangsung sampai 2 Februari 2022 mendatang.

Adapun promonya ini adalah adalah Gratis Ongkir Setiap Hari, Serba 30RB, dan Gosok Dapat 30 Miliar!. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News