Logo SMK TI Bali Global
Pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar bersama Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan dalam peluncuran logo baru SMK TI Bali Global di Aula Kampus ITB STIKOM Bali, Jumat (21/1/2022). Sumber Foto : dnd/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – ITB STIKOM Bali melakukan penyesuaian atau rebranding terhadap logo SMK TI Bali Global di Aula ITB STIKOM Bali, Jumat (21/1/2022) pagi. Hal ini dikarenakan logo SMK TI Bali Global yang lama kurang sesuai dengar era digital masa kini.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, Prof. Dr. I Made Bandem, serta pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar.

Prof. Bandem menjelaskan, logo baru mengandung inti hakekat atau tatanan filosofi, estetika dan makna atau arti sebuah lambang.

“Logo ini sesungguhnya simbol kebangkitan 2 tahun kita sudah menghadapi pandemi,” ujar Prof.  Bandem.

Logo baru SMK TI Bali Global didominasi bentuk kurva. Jika di-breakdown, kata Prof. Bandem, kurva-kurva tersebut membentuk gambaran angsa, buku yang terbuka dan roda yang menjadi simbol teknologi.

Untuk filosofi logo baru SMK TI Bali Global, Prof. Bandem memaparkan sebagai berikut:

  1. Obor, Cahaya, Pelita merupakan rancangan logo baru SMK TI Bali Global mengambil konsep bentuk obor, sebagai harapan sumber inspirasi, sumber inovasi dan semangat kehidupan.
  2. Bentuk Segitiga-Konsep Tiga/Tri, meliputi a. Spirit (Bentuk api); b. Education (Bentuk buku); dan c. Global Technology (Bentuk globe dan roda gerigi)
  3. Bendera Merah Putih sebagai bentuk kurva objek merah sebagai stilasi dari bentuk bendera Republik Indonesia.
  4. Angsa-Dewi Saraswati bentuk kurva spiral sebagai stilasi dari bentuk angsa, yang merupakan kendaraan suci Dewi Saraswati (Dewi Pengetahuan).
  5. Nyala/Api/Air/Sayap bentuk nyala. Api sebagai simbol semangat; Air simbol ketenangan; dan Sayap simbol mengantarkan harapan civitasnya menuju tujuan tertinggi dalam pendidikan.
  6. Buku Terbuka merupakan stilasi dari bentuk buku, sumber pengetahuan, wawasan yang terbuka akan kemajuan dan dinamika dunia pendidikan.
  7. Roda Gerigi/Gear merupakan stilasi dari bentuk roda Gerigi/Gear, simbol dinamika inovasi dalam bidang pendidikan yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi.
  8. Bentuk segitiga-Konsep Tiga/Tri Merupakan Konsep Tri Hita Karana sebagai 3 penyebab kesejahteraan bersumber pada keharmonisan hubungan antara: a. Manusia dengan Tuhan; b. manusia dengan alam lingkungannya; dan c. manusia dengan sesamanya.
  9. SMK TI BALI Global diharapkan mampu menumbuhkan nuansa keharmonisan tersebut, sehingga terciptanya proses pembelajaran berpusat pada peserta didik dan memaksimalkan potensinya, yang sesuai dengan konsep Tut Wuri Handayani.
  10. Huruf B dan G merupakan bentuk kurva objek spiral sebagai stilasi dari bentuk huruf B dan G mewakili ‘Bali Global’.
  11. Bola Dunia/Globe merupakan stilasi dari bentuk globe, harapannya civitas memiliki wawasan global dengan dukungan kecakapan digital yang tangguh.
  12. Glory Red merupakan simbol energi, semangat, kekuatan dan cinta dalam membangun budaya pendidikan berkarakter.
  13. Celtic Blue simbil stabilitas, kepercayaan, kecerdasan dan teknologi.
  14. Amber Gold simbol kejayaan, kemakmuran, pengembangan nilai-nilai luhur pendidikan.
Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Kontes Ikan Mas Koki Bali Wali Kota Cup I

Sementara, Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan mengatakan, sarjana komputer saat ini menjadi bidang yang banyak dibutuhkan di segala lini pekerjaan.

Logo SMK TI Bali Global
SMK TI Bali Global Luncurkan Logo Baru, Ini Filosofinya. Sumber Foto : Istimewa

Dadang menyebut, dalam perkembangan teknologi saat ini, terjadi fenomena terbalik di dunia kerja. Sebelumnya, kebutuhan sarjana komputer di dunia kerja, tidak sejalan dengan kebutuhan posisi bidang pekerjaan.

“Tapi sekarang sarjana berbasis ilmu komputer mengisi semua lini pekerjaan, mulai perusahaan swasta hingga pemerintahan,” ungkap Dadang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News