Tumpek Uye
Sekda Adi Arnawa Hadiri Upacara Danu Kerthi di Taman Mumbul Sangeh. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bertepatan dengan Tumpek Uye, Sabtu (29/1/2022) kemarin dilaksanakan upacara Danu Kerthi yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Pasuruan Manuaba dari Griya Megelung Sangeh, bertempat di Mata Air Taman Mumbul, Desa Adat Sangeh Kecamatan Abiansemal.

Acara ini turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa beserta Nyonya Rasniathi Adi Arnawa, Kadis Kebudayaan, I Gede Eka Sudarwitha, Kadis Perikanan, Nyoman Suardana, Forkopimda Badung, OPD di Lingkungan Pemkab Badung, Majelis Desa Adat (MDA) Badung, AA Putu Sutarja, Ketua Harian PHDI Badung, Gede Rudia Adiputra, Camat Abiansemal, Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Perbekel Sangeh, I Made Werdiana, Bendesa Adat Sangeh, IGA Adi Wiraputra, para yowana dan masyarakat setempat.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Hadiri Pujawali di Pura Dalem Lan Kahyangan Prajapati Banjar Batulumbung Desa Adat Gulingan

Sekda Badung Adi Arnawa seusai acara mengatakan, melaksanakan upacara Danu Kerthi yang bertepatan dengan hari Tumpek Uye merupakan penghormatan kepada hewan dan sesuai dengan program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) Kabupaten Badung terkait dengan dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan sekaligus momentum memuliakan seluruh hewan di bumi yang diwujudkan melalui doa, memelihara dan meningkatkan kualitasnya.

“Hari ini kita telah melaksanakan upacara Danu Kerthi yang bertepatan dengan hari Tumpek Uye dalam rangka menghormati suasaning kesempurnaan hidup, melestarikan alam seperti hewan-hewan yang ada di alam ini termasuk ikan-ikan. Dan ini sejalan dengan program PPNSB Kabupaten Badung dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan. Mudah-mudahan dengan terlaksananya upacara ini, seluruh masyarakat di Bali pada umumnya dan Kabupaten Badung khususnya agar bersama-sama untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, diantaranya hewan-hewan yang ada disekitar kita,“ ungkapnya.

Baca Juga :  Mantan Ketua LPD Adat Sangeh Resmi Ditahan Kejati Bali

Sementara itu Bendesa Adat Sangeh, IGA Adi Wiraputra mengatakan, mewakili Krama Adat Sangeh mengucapkan terimakasih atas terlaksananya upacara ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah melaksanakan upacara Danu Kerthi yang bertepatan dengan Tumpek Uye, dan ini sudah berjalan di Desa Adat Sangeh, dimana kita sudah memuliakan alam di sekitar kita,” ujarnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini