Sekda Kota Denpasar
Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemkot Denpasar meraih indeks tertinggi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2021 se-Provinsi Bali untuk kategori kabupaten/kota. Dimana, Ibu Kota Provinsi Bali ini meraih nilai indeks 3,19 dengan predikat baik dan menjadi yang tertinggi. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menpan RB Nomor 1503 Tahun 2021.

Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi Selasa (4/1/2022) menjelaskan, dengan diraihnya predikat baik pada indeks SPBE ini menunjukkan keseriusan Pemkot Denpasar dalam pelayanan pemerintah berbasis elektronik.

Baca Juga :  Optimalkan PPS, Kanwil DJP Bali Buka Pojok Pajak di Pusat Keramaian

“Pemkot Denpasar secara bertahap mengoptimalkan pelayanannya melalui optimalisasi berbasis elektronik. Hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman dan mempermudah akses layanan publik bagi masyarakat,“ ujar Alit Wiradana.

Menurut Alit Wiradana, penerapan SPBE erat kaitannya dengan pembangunan kota dalam penerapan konsep smart city. Dimana, tahap awal yang telah dilakukan Pemerintah Kota Denpasar untuk mendukung kegiatan digitalisasi daerah dari sektor belanja daerah.

Seperti halnya yang telah dilaksanakan mulai dari SP2D online, sedangkan pendapatan pajak dan retribusi turut diterapkan penerapan pembayaran lewat aplikasi Pajak Digital (Pagi Denpasar) melalui kanal digital Qris, virtual account (va), payment of sales (pos), tapping box, e-commerce dan transfer melalui m-banking.

Penerapan SPBE ini lanjut Alit Wiradana tentunya sangat membantu pemerintah Kota Denpasar dalam upaya inovatif dalam menangani persoalan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca Juga :  Mulai 17 Agustus 2020, Bank Dapat Melakukan Validasi dan Pendaftaran NPWP Nasabah Secara Langsung

“Dengan diraihnya predikat baik dalam SPBE ini, semoga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan inovasi dalam pelayanan pemerintah berbasis elektronik di Pemkot Denpasar,” ungkapnya.

“Semoga berbagai layanan elektronik di lingkungan Pemkot Denpasar yang telah berjalan bisa dimanfaatkan secara optimal. Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi,“ tutup birokrat asal Sanur ini.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini