Jurnal FISIP
Menuju Jurnal Terakreditasi, FISIP Gelar Workshop Pengelolaan Publikasi Ilmiah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Ilmu Politik Universitas Udayana bekerjasama dengan Tim Jurnal Widya Sosiopolitica FISIP menyelenggarakan workshop yang bertemakan “Menuju Jurnal Terakreditasi” secara daring melalui Webex pada Selasa (25/1/2022).

Kegiatan workshop ini mengundang Cahyo Seftyono selaku Lead Editor Jurnal Politik Indonesia: IPSR, Universitas Negeri Semarang dan dipandu oleh Ni Wayan Radita Novi Puspitasari, S.S., M.A., M.Phil., yang merupakan dosen Ilmu Politik, Universitas Udayana.

Sebanyak 23 peserta hadir, yang terdiri dari seluruh dosen Program Studi Ilmu Politik, Tim Jurnal Widya Sosiopolitica, dan juga Workshop Pengelolaan Publikasi Ilmiah, Dr. I Nengah Punia.

Dekan FISIP, Universitas Udayana, Dr. I Nengah Punia, mengatakan Workshop ini bertujuan mematangkan persiapan guna mencapai jurnal terakreditasi.

Baca Juga :  Gencar Tingkatkan Kualitas Akademik, FISIP Udayana Jalin Kerja Sama dengan IDB Bali

“Melalui workshop ini, peserta dapat bertukar informasi mengenai syarat-syarat ataupun persiapan jurnal yang terakreditasi,” ujar Nengah Punia.

Sementara itu Menurut Cahyo Seftyono, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam menuju jurnal yang terakreditasi, seperti naskah yang diterima berdasarkan penelitian lapangan, peningkatan pengutipan penelitian dosen oleh mahasiswa, hingga strategi melakukan kolaborasi dengan universitas lain, serta perlunya membangun pengelolaan jurnal di masing-masing program studi.

Dalam sesi diskusi yang berjalan dengan hangat, beberapa poin menjadi catatan penting, seperti pengelolaan jurnal sebagai salah satu syarat peningkatan akreditasi program studi. Selain itu, publikasi hasil penelitian yang bermutu juga menjadi bukti dari peningkatan mutu, kepakaran dan profesionalitas dosen serta institusi yang menaungi.

“Kedepannya, kerja sama bidang penelitian dan publikasi menjadi pokok penting yang perlu ditindaklanjuti. Diperlukan kebijakan strategis, baik pada level fakultas dan program studi dalam pengelolaan ini,” terang Cahyo Seftyono.

Hal ini disambut baik oleh Dekan FISIP Universitas Udayana dan Cahyo guna merealisasikan pengembangan penelitian dan publikasi secara umum, dan tata kelola jurnal secara khusus, yang lebih baik pada FISIP Universitas Udayana dan Universitas Negeri Semarang. (unud.ac.id/bpn) 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini