Baju Lukis
Mengenal Kerajinan Baju Lukis, Souvenir Khas Bali yang Anti-Mainstream. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Selain dikenal menyimpan banyak sekali keindahan alam yang menjadi daya tarik wisatanya, Pulau Bali juga memiliki kekayaan dari hasil kerajinan seni masyarakatnya. Keberagaman adat, budaya, dengan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Bali, menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan Bali dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Memasuki awal tahun 2022, pada Selasa (4/1/2022), seiring dengan berjalanannya waktu, masyarakat Bali terus berupaya menciptakan inovasi baru dibidang kerajinan seni lukis untuk meningkatkan penghasilan melalui hasil-hasil karya ciptaannya.

Dewasa ini, kerajinan seni lukis tidak hanya menggunakan canvas sebagai medianya, tetapi para seniman Bali kini mulai menjadikan kain sebagai salah satu media lukis untuk menghasikan karya yang mempunyai nilai seni tersendiri.

Pelukis Bali melalui inovasinya kini mulai mengaplikasikan karya-karyanya ke dalam pakaian, atau yang lebih dikenal dengan Baju Lukis dan tak khayal kerajinan yang satu ini sedang jadi tren fashion lokal sehingga banyak konsumen khususnya para wisatawan yang menjadikan Baju Lukis ini sebagai cinderamata (oleh-oleh) wajib usai berlibur di Pulau Bali.

Baca Juga :  Rio Firdaus, dari Kekurangan Uang Rp50 Juta hingga Menang Undian Mobil

Hasil-hasil kerajinan Baju Lukis ini, mulai digemari banyak orang, terutama yang diaplikasikan kedalam kaos ataupun kemeja. Tak sedikit pula outlet yang menjual hasil-hasil dari para seniman Bali ini, tentu dengan ciri khas masing-masing yang dimiliki.

Salah satu perajin Baju Lukis bernama Nyoman Sumerta, menyempatkan diri untuk berbagi kisahnya kepada tim Baliportalnews.com. Dirinya mengatakan bahwa, proses pengerjaan Baju Lukis ini sangat variatif, karena masih dikerjakan secara manual menggunakan tangan. Sehingga proses produksinya cukup memakan waktu, dan menjadikan karya Baju Lukis ini lebih eksklusif dimata konsumen.

Baca Juga :  Dibuka Antari Jaya Negara, Libatkan Dua Narasumber TP PKK dan WHDI Denpasar Gelar Pelatihan Tata Rias dan Sanggul Bali

“Kita juga menerima pesanan sesuai dengan permintaan konsumen. Banyak dari mereka yang  meminta lukisannya di blouse atau dress sesuai model yang diinginkan begitu juga motifnya bisa disesuaikan dengan permintaan, seperti motif wayang, burung cenderawasih dan lain sebagainya,” jelas Nyoman kepada awak Media.

Lukisan yang melekat pada baju, biasanya banyak motifnya berupa lukisan bunga yang berada di sisi depan atau belakang baju, yang disesuaikan dengan warna dasar baju. Sedangkan untuk harga dari Baju Lukis ini sangat bervariasi, berkisar antara Rp350.000,- sampai dengan Rp500.000,- per baju.

Baca Juga :  Promo Ketupat, Pilihan Tepat Untuk Punya Motor Honda Baru 

Dengan harga yang dibanderol tersebut, menjadi sangat wajar bagi para konsumen mengingat proses pengerjaannya yang cukup rumit sehingga memiliki nilai seni tersendiri bagi yang memakainya.

Bahan utama yang digunakan untuk Baju Lukis ini, menggunakan kain yang berkualitas. Bahannya dingin dan menyerap keringat, serta tidak mudah kusut. Bahkan lukisannya sangat awet, tidak mudah luntur atau hilang warnanya saat dicuci menggunakan detergent.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengkoleksi baju motif lukis khas Bali ini, anda bisa dengan mudah menemukan gerai-gerainya di area Denpasar dan sekitarnya. Tidak hanya cocok dikenakan sendiri, namun bisa juga dijadikan oleh-oleh atau kado untuk orang-orang terdekat kita. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News