Perikanan
Masa Depan Fakultas Kelautan dan Perikanan Cerah, Dosen-dosen Terbaik Udayana Terpilih sebagai Dekanat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Secara resmi Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana melakukan pergantian dekan dan wakil dekan pada Selasa (28/12/2021) lalu.

Yang menarik, sosok-sosok yang terpilih adalah dosen-dosen dengan reputasi riset dan karir yang luar biasa, mereka memiliki track record luar biasa bahkan beberapa kali mendapatkan penghargaan.

Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, melakukan pergantian terhadap Dekan dan jajaran Wakil Dekan di lingkungan Fakultas Kelautan Perikanan karena telah habisnya masa bakti Dekan sebelumnya Prof. Dr. Ir. I Wayan Arthana, M.S., dan Wakil Dekan II, Prof. Ir. I Gusti Bagus Sila Dharma. Setelah melalui proses pemilihan, pencalonan hingga fit and proper test, maka terpilihlah Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan yang baru.

“Ini merupakan sosok-sosok yang terpilih, dosen-dosen dengan reputasi riset dan karir yang luar biasa, mereka memiliki track record luar biasa bahkan beberapa kali mendapatkan penghargaan,” jelas Prof Antara.

Baca Juga :  Peringatan HKD 2022, KOMPAK Unud Sosialisasi Kanker di Dwikura

Dekan yang terpilih adalah Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si., beliau sebelumnya menduduki Wakil Dekan I. Prof. Nuarsa sendiri merupakan peneliti yang sangat terkenal dalam bidang remote sensing (penginderaan jauh) serta pengaplikasiannya dalam lingkungan laut dan perairan, riset-risetnya sudah dikutip ratusan kali hingga mendapatkan h-index 12. Pria yang pernah menjadi kepala program studi ilmu lingkungan ini pernah terpilih dua kali sebagai dosen berprestasi udayana yaitu pada tahun 2008 dan 2013. Beliau memang telah dikenal sebagai sosok yang cerdas, hal ini dapat dilihat dari jejak akademiknya yang selalu mendapatkan penghargaan nilai IPK tertinggi serta lulus dalam gelar cum laude.

Sebagai Wakil Dekan I bidang Akademik dan Perencanaan, adalah I Gede Hendrawan, S.Si., M.Si., Ph.D yang dikenal sebagai peneliti sampah plastik di laut. Riset-risetnya telah mengundang banyak perhatian dunia terhadap marine debris yang membawanya mendapatkan berbagai kerjasama international dari negara-negara maju seperti Inggris dan Norwegia.

Baca Juga :  Kembali, 32 Orang Pelanggar Prokes Terjaring Tim Yustisi Denpasar

Bahkan pada tahun 2021 yang lalu, beliau mendapatkan penghargaan dari Universitas Udayana atas publikasi-publikasi ilmiah internationalnya. Beliau yang saat ini juga menjadi ketua Center of Remote Sensing and Ocean Science (CReSOS) ini memiliki keahlian dalam pemodelan laut.

Dr. Pande Gde Sasmita Julyantoro, S.Si., M.Si., atau yang akrab disapa dengan Pande menempati posisi sebagai Wakil Dekan II bidang Keuangan dan Sumber Daya. Beliau merupakan peneliti yang terkenal dalam bidang aquaculture. Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menyelesaikan studinya di University of Ghent, Belgia. Pengalaman risetnya membawanya mendapatkan kesempatan untuk berkeliling dunia. Selain itu atas prestasi-prestasinya beliau secara rutin diundang oleh universitas-universitas luar untuk membimbing dan menguji mahasiswa pascasarjana.

Baca Juga :  Jaya Negara Hadiri Ngeratep Ratu Mas dan Ratu Ayu Pura Maspait Intaran Sanur

Untuk posisi Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan Informasi masih diisi oleh I Wayan Gede Astawa Karang, S.Si., M.Si., Ph.D. Pria yang baru saja mendapatkan promosi jabatan fungsional Lektor Kepala ini merupakan salah satu yang termuda di Udayana untuk menempati posisi Wakil Dekan. Doktor Karang merupakan alumni Chiba University dengan bidang keahlian Ocean Remote Sensing. Riset-risetnya memiliki dampak signifikan pada masyarakat, hingga saat ini diminta untuk membantu pemerintah daerah di papua dalam pengembangan pariwisata laut berbasi penginderaan jauh.

Melihat fakta terpilihnya orang-orang terbaik sebagai Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan ini. Maka dapat dipastikan fakultas termuda di Udayana ini memiliki masa depan yang cerah dan progresif untuk bersaing di tingkat international. (bpn/unud.ac.id)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here