BPJS Pedagang
Jaminan Sosial Bagi Warga Bangli, Sedana Arta Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pedagang di Pasar Kidul. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Sebagai upaya menjamin kehidupan sosial masyarakat di Kabupaten Bangli, Bupati Sang Nyoman Sedana Arta menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) kepada para pedagang di Pasar Kidul. Kartu BP Jamsostek tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bangli kepada 200 pedagang pada Senin (24/1/2022) pagi.

Kegiatan tersebut turut dihadir Kepala Kantor BPJS Wilayah Bali Timur, Bimo Prasetyo, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Provinsi Bali, Sudandi Murtado, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Kabupaten Bangli, Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Bangli, Kepala Dinas Koprasi Kabupaten Bangli, Kepala Pasar Kidul Bangli, serta para pedagang penerima Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga :  Gebyar Penanganan Ikan Invasif Red Devils di Danau Batur Kintamani

Dalam kesempatannya, Kepala Kantor BPJS Wilayah Bali Timur, Bimo Prasetyo mengatakan bahwa pada tahun 2021 ada program CSR dari Bank BPD Bali yang diberikan Kepada pedagang pasar untuk mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah untuk melindungi seluruh tenaga kerja, termasuk tenaga kerja yang bekerja untuk dirinya sendiri seperti pedagang yang berjualan di Pasar Kidul Bangli ini juga berhak mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Bimo Prasetyo.

Pihaknya juga menjelaskan, perbedaan manfaat antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek, dimana BPJS Kesehatan manfaatnya adalah memberikan pelayanan disaat kita sakit, tetapi BPJS Ketenagakerjaan manfaatnya adalah memberikan santunan berupa uang tunai apabila terjadi resiko terhadap peserta.

“Misalkan, ada peserta yang meninggal dunia tanpa sebab apapun, maka BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santunan sebesar Rp42 juta kepada ahli waris peserta atau ada juga peserta yang kecelakaan saat bekerja, maka BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung seluruh biaya perawatan dan pengobatan di rumah sakit, dan ada juga santunan berupa beasiswa kepada 2 orang anak yang besarnya sampai Rp174 juta sampai anaknya nanti lulus perguruan tinggi,” papar Bimo.

Baca Juga :  Seminar Nasional Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Kapten Anak Agung Gede Anom Mudita

Sementara itu, Bupati Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, dengan dibagikannya BP Jamsostek kepada pedagang Pasar Kidul, Bangli ini bisa bermanfaat bagi para pedagang. Sedana Arta juga mengajak seluruh pedagang yang ada di pasar kidul agar selalu menjaga kebersihan pasar demi kenyamanan masyarakat yang berkunjung.

“Semoga hal ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya kali ini adalah sasarannya para pedagang di Pasar Kidul. Yang dalam hal ini sebagai upaya Pemkab Bangli untuk menjamin kehidupan sosial masyarakatnya,” tegas Sedana Arta. (ana/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News