Prokasih
Antisipasi Banjir, Desa Dangin Puri Kelod Rutin Laksanakan “Prokasih”. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya meminimalisir terjadinya banjir, kebersihan wajib dijaga, baik itu kebersihan sungai maupun lingkungan. Terlebih lagi dalam musim penghujan seperti sekarang ini, kebersihan lingkungan wajib ditingkatkan.

Dalam menjaga kebersihan saat menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini, Desa Dangin Puri Kelod dengan rutin melaksanakan Program Kali Bersih (Prokasih) setiap minggunya. Kali ini, kegiatan Prokasih dilakukan di Tukad Cuk Poni. Hal ini disampaikan langsung Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, I Made Sada saat dihubungi, Sabtu (8/1/2022).

Lebih lanjut Sada mengatakan, Program Kali Bersih disingkat dengan ‘Prokasih’ adalah program pengendalian air sungai dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas saluran air agar tetap terjaga sesuai dengan peruntukannya.

Baca Juga :  UMMC Unud Raih 3 Gelar Juara Peradilan Semu Pada Tingkat Nasional

Program ini juga untuk mengedukasi masyarakat untuk ikut serta menjaga kebersihan. Sehingga pihak Desa Dangin Puri Kelod bersama Juru Pemantau Lingkungan atau Jumali secara rutin melaksanakan kegiatan Prokasih.

Menurutnya pogram Prokasih ini tidak hanya membersihkan kali, namun juga membersihkan tempat-tempat yang berpotensi kumuh yang ada di Desa Dangin Puri Kelod.

Dalam kegiatan ini pihaknya juga memberikan edukasi dan sosialisasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan ikut menjaga bebersihan. “Dengan langkah yang dilakukan kami harapkan kebersihan dapat ditingkatkan dan mencegah terjadinya banjir saat hujan,” ungkap Sada.

Baca Juga :  Masa Depan Fakultas Kelautan dan Perikanan Cerah, Dosen-dosen Terbaik Udayana Terpilih sebagai Dekanat

Mengingat saat ini masih dalam pandemi, maka dalam kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), seperti wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta wajib mencuci tangan dengan sabun. Untuk itu, pihaknya membatasi jumlah orang yang ikut kegiatan tersebut.

Untuk lebih mengefektifkan kegiatan itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menata telajakan depan rumahnya masing-masing. Serta mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan karena masing-masing dusun sudah swakelola sampah.

Dalam kegiatan tersebut, ia juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan, sehingga pandemi cepat berlalu, masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa dan perekonomian bisa kembali normal.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here