WNA Ukraina
WNA Cantik Asal Ukraina ini, Merupakan Salah Satu Sindikat Skimming Internasional. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Seorang wanita cantik Warga Negara Asing (WNA) asal Ukraina, beranama Baklanova Khrystyna (33) ini, diamankan oleh jajaran Direskrimum Polda Bali setelah diketahui dirinya merupakan salah satu sindikat tindak kejahatan skimming jaringan internasional.

Dalam konfrensi pers yang digelar pada Kamis (9/12/2021) pagi, di Lobby Ditreskrimum Polda Bali, Direktur Reskrimum Polda Bali, Kombes Ary Satriya menjelaskan, penangkapan tersangka pelaku skimming ini berawal dari adanya dua laporan korban bernama Nur Hayati dan Marda, warga Sulawesi Utara kepada pihak bank, yang mengadukan bahwa saldo rekening mereka berkurang padahal mereka tak pernah melakukan transaksi.

Baca Juga :  Fokus Pada Keamanan Wilayah, Banjar Tegalkuwalon Gelar Pendataan Duktang

Menanggapi adanya laporan tersebut, Pihak bank lalu melakukan penyelidikan dan menemukan adanya transaksi mencurigakan di mesin ATM toko modern di Uluwatu, Kuta Selatan, Badung, Bali pada 30 November lalu. Atas adanya informasi tersebut, Kepolisian Daerah Bali langsung melakukan penyelidikan dan berdasarkan bukti CCTV, diketahui ada perempuan warga negara asing yang telah melakukan transaksi.

“Dia ini sebagai pelaku yang mengambil uang. Kami terus mencoba mengembangkan, untuk mengetahui komplotan lainnya,” jelas Direskrimum Polda Bali.

Dari tangan tersangka, disita sejumlah barang bukti berupa 40 kartu magnetik, motor hingga barang elektronik lainnya. Sementara itu untuk modus operandinya, pelaku melakukan penarikan secara ilegal dengan melakukannya dengan cara transfer atau payment uang milik nasabah bank ke virtual account tersangka atau aplikasi layanan yang memfasilitasi transaksi transfer antar bank tanpa biaya administrasi.

“Pelaku mengakui perbuatannya dan dari 40 kartu magnetik itu telah digunakan transaksi transfer lebih dari 15 kali. Dari kerugian dua nasabah atau korban mengalami Rp325.600.000,” paparnya.

Baca Juga :  Modus Hampir Sama, Kali Ini Kantor Desa Tribuana Disatroni Maling

Selanjutnya, pihak Ditreskrimum Polda Bali masih terus memburu pelaku utama kejahatan skimming internasional ini, dan memantau sejumlah pergerakan WNA asal Ukraina yang diketahui memiliki keterkaitan jelas dengan sindikat skimming ini. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News