Melaspas
Wawali Arya Wibawa Hadiri Upacara Melaspas Wantilan Pura Taman Sari. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Rampungnya pembangunan Wantilan, Bale Kulkul, dan Candi Bentar Pura Swagina Taman Sari, Desa Dangin Puri Kangin Kecamatan Denpasar Utara, dilanjutkan dengan  upacara pemelaspasan pada Sabtu (18/12/2021).

Rentetan upacara yang dipuput Ida Pedanda Gede Putra Bajing, Griya Tegal Jingga, Desa Sumerta Kaja, Denpasar Timur, juga mempersembahkan tarian rejang dan topeng wali.

“Diharapkan setelah upacara pemelaspasan Wantilan dan Bale Kulkul Pura Swagina Taman Sari dapat bermanfaat bagi kegiatan upacara dan adat dilingkungan pura setempat,” ujar Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa disela-sela pelaksanaan persembahyangan bersama dalam rangkaian upacara pemelaspasan. Disamping itu Arya Wibawa juga mengharapkan bersama-sama warga Desa Dangin Puri Kangin untuk menjaga kebersihan dan kesucian area pura termasuk wantilan, terlebih hal ini menjadi satu wilayah dalam areal Pura Taman Sari.

Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, I Wayan Sulatra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota, Wakil Wali Kota Denpasar serta Gubernur Bali yang telah mendukung pembangunan Bale Wantilan Pura Swagina Taman Sari. Apresiasi juga kami sampaikan kepada pengempon dan masyarakat desa yang telah dengan semangat ngayah dalam pelaksanaan upacara Pemelaspasan dan Mecaru.

Baca Juga :  Panas! No Drama Fight Sajikan 20 Pertandingan

Lebih lanjut dikatakannya, dalam Upacara Pemelaspasan ini Wali Kota Denpasar Jaya Negara juga berkesempatan ngayah Nopeng Wali bersama warga setempat.

“Terima Kasih Bapak Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Bapak Gubernur Bali, semoga harapan dari pembangunan wantilan ini memberikan manfaat dalam pelaksanaan upacara agama dan pelestarian adat dan budaya di Desa Dangin Puri Kangin,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Upacara Pemelaspasan Wantilan, Bale Kulkul, Candi Bentar,dan Bale Pesandekan Pura Swagina Taman Sari, Ida Bagus Cakra Wardana menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara bertepatan dengan Purnama Kapitu.

“Sangat berbahagia kami dan warga dalam upacara ini hadir langsung Wali Kota Denpasar yang sekaligus ngayah Topeng Wali,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan pembangunan Bale Wantilan tidak terlepas dari bantuan Bapak Gubernur Bali, dan pelaksanaan upacara mendapat dukungan dari Pemkot Denpasar. Dijelaskan bahwa sebelumnya Pura Taman Sari tidak memiliki wantilan, namun atas kesepakatan pengempon pura dari 7 banjar yang ada di Desa Dangin Puri Kangin berinisiatif untuk mengusulkan pembangunan wantilan atas bantuan dari pemerintah. Hal ini juga berkaitan dengan setiap pelaksanaan upacara agama di pura setempat selalu memanfatakan setengah badan jalan, dan sedikit mengganggu aktifitas masyarakat di jalan.

Baca Juga :  Melalui HLM TPKAD, Semua Pihak Diharapkan Ikut Bertanggung Jawab Menjaga Kestabilan Kondisi Keuangan Bali

“Maka dari itu warga berkeinginan untuk sepakat mendirikan wantilan dan memohon bantuan dari pemerintah Provinsi Bali dan Kota Denpasar,” ujarnya.

Pura Swagina Taman Sari menurut Ida Bagus Cakra bahwa dahulu merupakan pura subak. Dari perjalanan waktu dan peralihan pemukiman penduduk dan masyarakat tetap melestarikan, merawat dan menjaga kesucian Pura Taman Sari hingga saat ini.

Selain di Pura Taman Sari pada hari itu juga Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa juga berkesemptan untuk menghadiri pelaksanaan piodalan di Balai Pertemuan Warga Bina Permai, Banjar Mertagangga, Desa Ubung Kaja.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News